KANALPONOROGO.COM – Anggota Komisi VIII DPR RI Ina Ammania melakukan sidak terhadap penyelenggara haji di Mekah, Arab Saudi untuk memastikan pelaksanaannya sesuai dengan rencana yang telah dibahas oleh Panitia Kerja (Panja) Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH).

Dalam sidaknya, Legislator dari PDI Perjuangan tersebut mengaku mendapati berbagai persoalan. Diantaranya makanan yang porsinya kurang, bahkan ada yang sudah basi dan juga ditemukan beberapa ruangan bersesakan diluar kapasitas ruangan.

“Saya mendapat keluhan saat berkunjung di sektor 105 tower 3 dengan jamaah haji asal Kediri dan Trenggalek yaitu makanan yang porsinya kurang bahkan ada yang sudah basi. Namun demikian panitia cukup cepat melakukan penggantian. Saya juga menemukan beberapa ruangan yang diisi 5-6 orang, sedangkan idealnya hanya bisa diisi maksimal 4 orang. Semoga hal ini segera terselesaikan dan tidak terulang kembali,” ungkap Ina saat diwawancara melalui telepon, Minggu, (10/07).

Di sisi yang lain Ina Ammania juga mengunjungi dan berdialog dengan calon asal Magetan, Ngawi, Trenggalek dan Pacitan. Di sana Ina para jemaah mengaku sangat puas dengan pelayanan haji kemenag seperti kamar mandi yg bersih, kamar tidur nyaman dan petugas yg responsif.

“Pada prinsipnya saya cukup mengapresiasi penanganan haji tahun ini. Namun perlu ada perbaikan satu dua hal untuk disempurnakan,” imbuh Ina Ammania.

Turut mendampingi kunjungan Ina Ammania Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Maram, Kepala Sektor Nur hamid, dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Zakaria.

- -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here