Terkait Perkembangan Covid-19 di Jawa Timur, Dandim 0802/Ponorogo Terima Arahan Gubernur Jawa Timur, Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim

Forkopimda Ponorogo hari ini menerima pengarahan dari Gubernur Jawa Timur, DR. Khofifah Indar Parawangsa; Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI. R. Wisnoe Prasetja Boedi dan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si

KANALPONOROGO.COM,- Komandan Kodim 0802/Ponorogo bersama para unsur Forkopimda Ponorogo hari ini menerima pengarahan dari Gubernur Jawa Timur, DR. Khofifah Indar Parawangsa; Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI. R. Wisnoe Prasetja Boedi dan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si bertempat di Polres Ponorogo, Kamis (09/04/2020).

Tujuan Video conference tersebut diantaranya mengantisipasi adanya warga yang mudik ke kampung halaman dihadapkan pada situasi saat ini (adanya penyebaran Covid 19 di Wilayah Jawa Timur).

Gubernur Jawa Timur saat memberikan arahan kepada para unsur forkopimda se Jawa Timur termasuk Ponorogo diantaranya menyampaikan tentang mekanisme penanganan dan pencegahan serta tata cara pemberian Bansos yang sifatnya given bagi terdampak covid-19 sesuai ketentuan dan kriteria.

Bagi daerah yang akan melakukan PSBB, Gubernur Jawa Timur memerintahkan agar menyiapkan seluruh kesiapan termasuk logistik, kesehatan serta keamanan. Untuk Gugus tugas di daerah harus punya Pusdal Ops sehingga dalam penanganan dampak covid-19 dan pemulasaran korban covid-19 dapat terintegrasi dan detail.

Untuk penanganan WNI yang masuk ke Indonesia, hendaknya diadakan secreening berlapis dan dilakukan rapid test mulai dari bandara, kabupaten dan ditindaklanjuti dengan isolasi. Gubernur Jawa Timur juga meminta agar segera disediakan tempat observasi dan isolasi bagi warga PMI ditingkat desa.

Sementara itu Pangdam V/Brawijaya dalam vidcon juga menyampaikan beberapa arahan untuk ditindaklanjuti satuan bawah diantaranya menyampaikan bahwa dalam hal penanganan covid-19, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya mulai dari pemakaian masker, psycal distancing hingga penanganan korban yang meninggal.

Pangdam V/Brawijaya juga menekankan kepada jajaran untuk terus berkoordinasi termasuk masalah peningkatan partisipasi masyarakat dalam bentuk penyiapan tempat observasi, serta tidak kalah penting kesiapan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Pangdam V/Brawijaya juga memerintahkan jajaran untuk menyiapkan manajemen krisis dalam hal penanganan covid-19 di wilayah Jawa Timur.

Begitu juga Kapolda Jatim, dalam vidcon hari ini Beliau menyampaikan arahan tentang bagaimana cara mencegah dan menangkal covid-19 baik itu berupa himbauan kepada masyarakat maupun upaya petugas dilapangan agar dalam melaksanakan tugasnya bisa berjalan aman dan lancar.

Usai menerima arahan dari Gubernur Jatim, Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim, Komandan Kodim 0802/Ponorogo kepada Tim Media Center 0802 menyampaikan bahwa Kodim 0802/Ponorogo senantiasa siap dalam melaksanakan arahan dan himbauan yang diberikan melalui video conference hari ini.

“ Kami terus laksanakan apa yang menjadi arahan dan perintah dari Komando Atas dan Pemerintah, termasuk apa yang sudah disampaikan hari ini. Baik arahan dari Gubernur Jawa Timur, Bapak Pangdam V/Brawijaya maupun Bapak Kapolda Jawa Timur, “ kata Dandim 0802/Ponorogo.

“ Seperti yang sudah-sudah, dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan terkait penanganan covid-19 ini kami selalu melaksanakan koordinasi. Intinya kami para aparat dan unsur terkait serta seluruh masyarakat di Ponorogo siap bertugas dalam rangka memutus penyebaran virus corona agar tidak menyebar dan meresahkan masyarakat Ponorogo khususnya serta Indonesia tercinta pada umumnya, “ terang Letkol Inf Sigit Sugiharto.

Hadir dalam vidcon bersama Gubernur Jatim, Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim tersebut antara lain : Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlisoni; Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto; Kapolres Ponorogo, AKBP Arief Fitrianto SH., S.I.K, M.M.; Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Ponorogo, Indah Laila, SH.MH.; Kepala Pengadilan Negeri Kab. Ponorogo, Ahmad Satibi, SH.MH.; Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto S.Pd; Waka polres Ponorogo, Kompol Indah Wahyuni SH.MH.; Kadinkes Kab. Ponorogo, Drg. Rahayu Kusdarini; Kepala BPBD Kab. Ponorogo, Imam Basori, S.Sos. MM; Pasiops Kodim 0802/Ponorogo, Kapten Arm Jamaludin; Kabag dan Kasat Polres Ponorogo.(MdC0802)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here