Ponorogo,- Kodim 0802/Ponorogo hari ini menggelar Upacara Bendera Tujuh Belasan bertempat di lapangan apel Kodim 0802/Ponorogo, Senin (19/09/2022).

 

Upacara yang diikuti oleh prajurit dan PNS Kodim 0802/Ponorogo tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, S. Sos. M. Han.

 

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurcahyanto, M. Sc. dalam amanat yang dibaca Dandim 0802/Ponorogo diantaranya menyampaikan tentang pentingnya melaksanakan Upacara Bendera sebagai komunikasi untuk menyampaikan setiap kebijakan, petunjuk dan informasi serta sebagai sebuah perwujudan penghormatan kepada pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya sebagai kusuma bangsa, sekaligus sebagai sarana untuk memelihara rasa nasionalisme yang ada pada diri kita masing – masing.

 

Terkait isu strategis global yang saat ini sedang mengemuka yaitu terjadinya krisis di berbagai negara seperti kenaikan harga BBM yang saat ini terjadi, Pangdam V/Brawijaya menghimbau keluarga besar Kodam V/Brawijaya untuk tidak terpengaruh akan hal tersebut.

 

Seluruh prajurit Kodam V/Brawijaya dan keluarga tidak boleh terpengaruh dan harus optimis dan terus mendukung program Pemerintah baik itu tentang ketahanan pangan nasional, program program stunting dan lainya.

 

” Sebagai alat negara TNI AD akan terus mendukung program program pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan dengan menyukseskan agenda besar bagi pencapaian percepatan penurunan angka stunting harus segera dilakukan secara masif terintegrasi dan tepat sasaran, ” kata Pangdam V/Brawijaya melalui amanat .

 

Beliau juga menginstruksikan seluruh jajaran agar memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif. ” Satuan jajaran Kodam V/Brawijaya agar memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif guna menbantu masyarakat sekitar dan menjaga ketahanan pangan nasional ” .

 

Dalam amanat, Pangdam V/Brawijaya juga menghendaki agar prajuritnya senantiasa memelihara kemampuan deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat terhadap gejala – gejala yang sedang terjadi, bangun kerjasa dengan instansi terkait agar mampu mengantisipasi, nencegah dan menangani setiap potensi kerawanan serta harus dapat membuktikan diri sebagai prajurit nasional dengan tidak melakukan berbagai pelanggaran.

 

Selanjutnya unsur pimpinan satuan jajaran Kodam V/Brawijaya agar senantiasa dan terus menjadi contoh tauladan sekaligus mengawasi dan mengendalikan anggotanya dalam kehidupan sehari hari.

 

Diakhir amanat, Pangdam V/Brawijaya memberikan penekanan kepada prajurit jajaran Kodam V/Brawijaya yang intinya yaitu agar senantiasa memelihara dan meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, lestarikan nilai – nilai luhur perjuangan bangsa yang diwariskan oleh para pahlawan.

 

Selanjutnya, tingkatkan profesionalisme keprajuritan dengan senantiasa belajar, berlatih dan bekerja keras agar mampu menjawab tuntutan tugas kedepan yang semakin dinamis dan komplek serta mampu mengawaki Alutsista modern yang kita miliki.

 

Demikian diantaranya amanat Pangdam V/Bawijaya yang dibaca Dandim 0802/Ponorogo pada Upacara Bendera Tujuh Belasan di lapangan apel Kodim 0802/Ponorogo hari ini.(0802)h

- -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here