Penderita HIV di Ponorogo Terus Melonjak

penderita-hiv-di-ponorogo-terus-melonjakKANALPONOROGO.COM : Menjadi fenomena gunung es, kasus penyebaran virus HIV/ AIDS di Ponorogo, selalau membuat kita tercengang.

Data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, penderita HIV/ AIDS di Ponorogo lebih dari 400an orang. Sejak kasus itu ditemukan di Ponorogo, setiap tahun selalu ditemukan kasus baru dengan jumlah mencapai puluhan.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ponorogo, Yayuk mengatakan,”lebih dari 200 penderita HIV/ Aids di Ponoorgo saat ini menjalani pengobatan rutin,”ucapnya.

Para penderita ini dari berbagai kelompok umur, mulai balita hingga orang dewasa. Mayoritas adalah usia produktif.

Yayuk menjelaskan, tahun 2013 ditemukan 30 kasus HIV/ Aids, tahun 2014 meningkat menjadi 52 kasus, kemudian tahun 2015 melonjak hampir 100 menjadi 97 kasus. Sedangkan untuk tahun 2016 ini hingga september ditemukan 77 kasus HIV/ Aids di Ponorogo.

“Penularan HIV bisa melalui berbagai macam cara, bisa karena pengkonsumsian narkoba yaitu dari jarum suntik, bisa akibat gonta ganti pasangan, bisa juga penularan ibu ke anaknya,”terangnya.

Pihaknya berharap, warga Ponorogo untuk tidak sungkan-sungkan mengecek kondisi kesehatannya ke Puskesmas terdekat. Jangan sampai menjadi penyebar virus HIV/ AIDS, sedang yang bersangkutan sendiri tidak tahu menjadi penderita.

LEAVE A REPLY