Home / Nasional

Jumat, 1 Juli 2016 - 01:27 WIB

Menko Polhukam Terima Pernyataan Desakan Pembangunan Bandara Komersial

Gus Ipul membacakan surat pernyataan yang ditandatangani 8 kepala daerah dihadapan Menkopolhukam, Bupati Trenggalek dan Bupati Ponorogo Ipong Mukhlisoni ( foto/kanalponorogo.com)

KANALPONOROGO-Menko Polhukam Jendral TNI(Purn) Luhut Binsar Pandjaitan menerima surat pernyataan dari delapan kepala daerah yang berisi desakan kepada pemerintah pusat untuk segera membangun bandara komersial diwilayah Mataraman Jawa Timur, saat kunjungan kerja di Kabupaten Ponorogo, Kamis(30/06/2016).

Kedelapan kepala daerah yang menandatangani surat petisi tersebut yaitu Bupati Madiun Muhtarom, Bupati Magetan Sumantri, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Bupati Pacitan Indartato, Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, Bupati Blitar Rijanto, dan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak.

Baca Juga :  Kebakaran Hutan Tumpak Pelem, Satu Orang Tewas

Sementara itu, Menkopolhukam ditemui usai silahturahmi dengan Forpimda Kabupaten Ponorogo mengatakan,”saya kira ya masuk akal, karena mereka ya pengin juga ada tarnsportasi udara yang masuk daerah ini,”ucap Menkopolhukam Jend TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan kepada kanalponorogo.com.

Menurutnya sebenarnya selama ini tidak ada kendala hanya saja karena adanya Lanud Iswahjudi sebagai bandara militer maka perlu diperhitungkan tentang trafick udara disekitarnya, dan bila difungsikan menjadi bandara komersial ini masih sangat sensitif.

”Kalau dari pemerintah pusat tidak ada, hanya kalau dibuat dua tidak mungkin, karena ruang udaranya terlalu sempit, kalau satu pemerintah pusat bersedia untuk membangun, mudah-mudahan bisa segera diputuskan dalam waktu dekat,”tegasnya.

Baca Juga :  Lagi, 1 Korban Kebakaran hutan Lawu Asal Ngawi Meninggal

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak, yang turut hadir di Ponorogo sebagai salah satu penanda tangan petisi mengatakan,”surat pernyataan sikap bersama itu berisi terkait keluhan kesenjangan pembangunan di wilayah selatan Pulau Jawa dengan daerah lain akibat tiadanya sarana transportasi udara. Intinya kami atas nama delapan daerah berharap Menteri Luhut membantu pembukaan bandara udara di wilayah eks-Keresidenan Kediri dan Madiun yang selama ini terhambat,” kata Emil kepada kanalponorogo.com di Ponorogo.(wad/kanalponorogo.com)

Share :

Baca Juga

Nasional

Tercatat Puluhan Pelajar Asing Over Stay

Headline

Satgas PMK Nasional Puji Sumatera Utara dalam Capaian 90 Persen Vaksinasi PMK

Headline

Bhabinkamtibmas Peduli Covid 19 Buka Rumah Pintar

Headline

Ketua DPD RI Minta BPOM Bikin Aturan Khusus untuk Pengembangan Jamu Nusantara

Mataraman

Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersinergi Sambangi Pondok Pesantren

Nasional

BKSDA Jatim Lepasliarkan Satu Ekor Elang Jawa di Cagar Alam Gunung Picis Ponorogo

Headline

Teknologi Berbasis Digital Akan Mencegah Kecurangan Penyaluran dan Pemanfaatan Bansos

Headline

Satgas Minta Pasien Bergejala Memanfaatkan Fasilitas Isolasi Terpusat