Home / Kanal Jawa Timur

Sabtu, 13 Januari 2024 - 11:33 WIB - Editor : Redaksi

Mahasiswa di Bondowoso Tolak Kampanye Hitam dan Penyebaran Berita Hoaks

BONDOWOSO – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpinan Mahasiwa Universitas Bondowoso ( HIMA UNIBO) gelar aksi damai di depan kampus mereka, Jumat (12/1/2024), menyerukan untuk menolak adanya kampanye hitam penyebaran hoaks.

“Aksi damai kami lakukan karena merespons ramainya aksi mahasiswa yang membagikan selebaran ‘Tolak Politik Dinasti’ di 800 kampus di Indonesia,” kata koordinator aksi Astrid.

Menurut Astrid, mahasiswa jurusan keperawatan ini, kampanye hitam mengakibatkan rusak-nya kualitas demokrasi di Indonesia.

Dalam hal ini, kampanye hitam bisa berupa serangan ke salah satu pihak melalui penyebaran berita bohong atau hoaks, juga wacana yang tidak berdasarkan fakta.

Baca Juga :  Antisipasi Krisis Air Bersih Polisi Bersama Forkopimka dan Warga Perbaiki Pipa Pasca Banjir di Lumbang Probolinggo

Munculnya kampanye hitam dinilai dapat menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan penyelenggaraan Pemilu 2024, sebab dapat menimbulkan reaksi yang tidak tepat dan berlebihan dari tim pasangan calon yang diserang sehingga berujung pada munculnya potensi gesekan antar masa pendukung pasangan calon.

“Kampanye hitam tentu sangat memprihatinkan dan berbahaya bagi pembangunan demokrasi ke depan. Sebab, warga masyarkat disuguhi informasi yang menyesatkan sebagai bahan pertimbangan mereka dalam memilih,” ujar Astrid.

Dalam orasinya, mahasiswa menegaskan keamanan dalam proses Pemilu adalah hal yang penting. Praktik-praktik kampanye hitam tentu merugikan siapa pun yang terkena serangan black campaign. Bagi masyarakat yang awam, khususnya golongan yang menelan mentah-mentah informasi yang berkembang.

Baca Juga :  Pastikan Stok Beras Aman, Dandim 0802/Ponorogo Tinjau Bulog Cabang Ponorogo

“Media sosial menjadi wadah penyebaran narasi kebencian. Peran media massa lah yang harus selalu objektif dalam memberikan pemberitaan dan bersikap netral dalam Pemilu 2024,” pungkasnya.

Mahasiswa sebagai kaum intelektual, memiliki peran yang signifikan untuk melawan kampanye hitam. Kampanye ini harus diperangi karena berisi narasi provokatif yang menyesatkan pemilih.

Praktik kampanye hitam, lanjut dia, merusak hakikat demokrasi. Mahasiswa pun mesti secara kritis memerangi aksi tersebut lewat berbagai sarana, termasuk media sosial. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Gelar Silahturahmi Dengan Pimpinan Ponpes Tahfidzul Qur’an, Kapolres Ponorogo Ajak Sinergis Jaga Pemilu

Kanal Jawa Timur

Polsek Ponorogo Melaksanakan Pengamanan dan Monitoring Rapat Musrenbang Di Kelurahan Kepatihan

Headline

Keluarga Besar IAIN Ponorogo Gelar Doa Bersama dan Deklarasi Pemilu Damai 2024

Kanal Jawa Timur

Kapolda Jatim Pimpin Sertijab PJU dan Kapolres Jajaran

Kanal Jawa Timur

Duta Lalu Lintas Polres Mojokerto Kota Raih Juara Dua Tingkat Polda Jatim

Kanal Jawa Timur

Laksanakan Binrohtal Rutin Untuk Menciptakan Karakter Anggota Polsek Yang Lebih Humanis.

Kanal Jawa Timur

Pantau Harga Bahan Pokok, Satgas Pangan Polres Ponorogo : Harga Dan Stok Aman

Kanal Jawa Timur

Wujudkan Kepedulian Dan Kekeluargaan Kapolsek Sampung Jenguk Anggotanya Yang Sakit