Hari Juang Kartika Jaya Ke 68, Diperingati Dengan Jalan Kaki

Hari Juang Kartika Jaya Ke 68, Diperingati Dengan Jalan Kaki

KANALBLITAR : Sudah seperti biasa dan merupakan agenda tahunan, dalam rangka memperingati lahirnya Hari Juang Kartika Jaya yang ke 68, diperingati dengan jalan kaki atau yang lebih dikenal dengan tonting ( pelton beranting ), dimana peserta yang mengikuti adalah seluruh pasukan infanteri yang berada di wilayah Kodam V/Brawijaya. Sabtu (17/12/2016)

Kisah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam mempertahankan NKRI cukuplah berarti dalam sejarah terbentuknya angkatan perang yang tangguh dan selalu siap bertugas dimanapun berada, pantang menyerah dalam keadaan bagaimanapun, terlebih pasukan Infanteri yang merupakan pasukan garda terdepan pasukan angkatan darat, dalam setiap penugasan yang dibebankan di pundaknya.

Angkatan Darat merupakan pasukan inti dalam melindungi negeri ini dari segala ancaman yang akan mengancam kedaulatan negara, disamping itu juga angkatan laut dan udara juga terlibat didalamnya dalam menjaga NKRI.

Pelton Yudha Wastu Pramuka Jaya saat ini sudah memasuki wilayah Blitar tepatnya didaerah Desa Mojorejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar dan sekitar 80 km wilayah Blitar dilalui oleh Team pelton beranting, mulai dari wilayah Wates,  Panggungrejo, Binangun, Lodoyo, Kanigoro, Kota, Sanankulon dan Ponggok.

Tak kalah menariknya para siswa pramuka, hansip dan sebagainya juga ikut hadir dalam memeriahkan acara yang digelar tiap tahun ini.

Dengan menyanyikan lagu mars infanteri, para pasukan nampak semangat tak kenal lelah, hujan dan terik panas matahari adalah kawan dalam setiap perjalanan untuk mengenang para pendahulu kita yang berjuang demi NKRI ini ia rela berkorban segalanya.

Daerah yang dilalui pasukan Peleton Beranting merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga, masyarakat sekitar juga turut ambil bagian dalam mensukseskan perjalanan panjang yang dilaksanakan oleh pasukan infanteri, pada tiap-tiap etape istirahat masyarakat banyak yang memberikan makanan ringan dan minuman, untuk sekedar menghilangkan rasa haus, begitu pasukan lewat masyarakat banyak yang ingin melihat dari kegagahan seorang prajurit infanteri, ” saya bangga pak melihat tentara yang kuat dan gagah ini ” ujar Slamet salah satu warga di Kecamatan Wates Blitar, saat ini pasukan melanjutkan perjalanan ke arah Lodoyo selanjutnya Desa Jatinom dan akan meninggalkan wilayah Blitar malam(18/12/16) nanti setelah melalui etap Desa Bacem Kecamatan ponggok.

Menurut rencana pasukan jalan kaki ini akan finish di lap trowulan mojokerto dengan diadakan upacara penyambutan dan penutupan yang dihadiri para komandan sejajaran Kodam V/Brawijaya.

autentikasi : Kapenrem 081/DSJ

LEAVE A REPLY