Penuhi Kekurangan Jumlah Dukungan, Misranto-Isnen Berpeluang Maju Pilkada

KANALPONOROGO– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo menyatakan dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan alias calon independen dalam Pilkada Ponorogo, Misranto-Isnen, telah memenuhi syarat (MS).

Dengan telah terpenuhinya jumlah dukungan KTP yang melebihi dari batas minimum sejumlah 68.122 buah,maka pasangan ini berpeluang besar lolos sebagai peserta Pilkada yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Dalam rapat pleno verifikasi rekapitulasi jumlah dukungan untuk pasangan Misranto-Isnen yang disetor dalam masa perbaikan mencapai 32.324 lembar. Dari jumlah ini, sebanyak 14.498 lembar dinyatakan memenuhi syarat atau MS. Dengan begitu, jumlah dukungan yang dikantongi mencapai 73.968 lembar.

“Di awal, pasangan Misranto-Isnen menyetor 72 ribu lebih, tapi yang dinyatakan MS hanya 59.470 atau kurang dukungan sebanyak 8.652 buah. Untuk bisa lolos sebagai peserta Pilkada, salah satu syarat pencalonan adalah paling sedikit 68.122 buah. Sekarang, setelah melalui masa perbaikan, jumlah itu sudah terlampaui,” ungkap Komisioner KPU Kabupaten Ponorogo Moch Syaifulloh.

Akibat kekurangan dukungan yang memenuhi syarat di penyetoran pertama, pasangan ini sempat mendapatkan penalti dari KPU. Sesuai ketentuan, pasangan ini harus menyetorkan dukungan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan. Yaitu mencapai 17ribu lembar fotokopi KTP.

“Kalau melihat dari syarat pencalonan yang berupa dukungan memang sudah bisa disebut memenuhi syarat (sebagai peserta Pilkada). Namun soal penetapan sebagai peserta atau kontestan Pilkada Ponorogo 2015 tetap harus melalui rapat pleno yang akan dilakukan pada 24 Agustus mendatang,” ungkap Syaifulloh.

Sementara dengan telah terpenuhinya dukungan syarat pencalonan ini bacawabup Isnen mengatakan,”Alhamdulillah dengan perjuangan dari awal semua telah kita lalui, sehingga kedepan kita tinggal mengembangkan, sehingga target angka yang kita butuhkan adalah untuk kemenangan, ya kalau bisa kita bisa mencapai minimal 40 persenlah, dan kita yakin seyakin-yakinnya nanti bisa menang, yang tentunya semua berkat campur tangan Alloh,”ucap  Isnen.

Terkait dengan itu, Mustaqim Azis salah satu tim pemenangan pasangan independen Misranto-Isnen menyatakan, untuk pemenangan paslon yang diusungnya, pihaknya akan segera menggerakan seluruh mesin politik dari tingkat kabupaten sampai tingkat yang paling bawah.

“tentunya setelah ini mesin politik akan kita hidupkan dengan benar, sehingga semua kegiatan, semua proses sosisalisasi, proses kampanye dan sebagainya semua sudah bergerak cepat,”ungkapnya.(K-2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here