Home / Uncategorized

Minggu, 13 Maret 2016 - 18:00 WIB - Editor : redaksi

PT KAI Daop 7 Usul Hentikan Operasional KA Madiun Jaya

KA MAJA diusulkan untuk penghentian operasi (foto : kanal ponorogo)

KANALMADIUN-PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mengajukan penghentian operasional Kereta Api Madiun Jaya (KA Maja) jurusan Madiun-Yogyakarta PP ke Kementerian Perhubungan menyusul kondisi kereta tersebut sering rusak. Usulan tersebut sudah diajukan awal Maret lalu, namun hingga kini belum ada jawaban dari pusat.

“Kereta itu memang sering rusak sejak dioperasikan tahun 2011 lalu. Sebelum mengajukan usulan penghentian operasional tersebut, pihaknya terlebih dulu mengajukan surat untuk pengadaan mesin baru. Namun, hingga akhir Februari 2016 lalu belum ada kepastian,” jelas Manager Humas PT KAI Daops 7 Madiun Supriyanto, Minggu (13/3).

Adapun, posisi KA Maja saat ini sedang rusak parah dan berada di Dipo PT KAI Daop Madiun dan sudah tidak berjalan sejak beberapa minggu terakhir. Pertimbangan pengajuan pemberhetian KA Maja tersebut juga dipengaruhi oleh besarnya biaya perbaikan jika kereta tersebut sering mogok. Mulai dari mesin, kelistrikan dan lainnya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga :  Pertanyakan Tarikan UKK, Pelajar SMKN Datangi Dinas

Selain itu, tambahnya, dari sisi operasional, jika sering mogok juga akan mengganggu operasional kereta-kereta lainnya. Bagi calon para penumpang hendak bepergian ke Solo ataupun Yogyakarta, disarankan menggunakan kereta api lainnya yang melintasi daerah tersebut. Hampir semua kereta api lewat di Daop 7 Madiun melintasi kota Solo dan Yogyakarta.

Menurutnya selain mengajukan usulan pemberhentian operasional, pihaknya juga mengajukan alternatif untuk meminta pusat agar KA Maja diganti dengan kereta yang ditarik dengan lokomotif. Sebab, selama ini KA Maja merupakan kereta rel diesel (KRD). “Kami masih menunggu persetujuan dari pusat. Harapan kami, alternatif penggantian perjalanan kereta dengan lokomotif yang disetujui. Sebab, peminat KA Maja cukup banyak,” tandasnya.

Baca Juga :  Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Aman Pores Madiun Kota Gelar Patroli

Data PT KAI Daops 7 Madiun jumlah penumpang KA Maja pada hari biasa bisa mencapai lebih dari 100 orang. Sedangkan pada akhir pekan ebih dari 250 orang dengan tarif kereta mencapai Rp50 ribu per orang. Warga Madiun sekitarnya berharap PT KAI Daops 7 Madiun segera mengaktifkan lagi KA Maja atau ada penggantinya.(as/kanalponorogo)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Polisi RW Hadir, Halal Bi Halal PSH Winongo Ponorogo Berjalan Tertib dan Aman

Uncategorized

Polres Ponorogo Melaksanakan Pendataan 32 Warga PSHT Yang Diduga Melakukan Konvoi Pengesahan Warga Baru PSHT ranting Balong

Uncategorized

Polsek Somoroto Salurkan Bantuan Sosial Di Pondok Pesantren

Uncategorized

Polsek Jambon Melaksanakan Pengamanan Penyaluran Bansos PKK Pemkab Ponorogo

Uncategorized

Akhiri Kesalahpahaman Kabag Ops Polrestabes Surabaya dan Wawali Armudji Saling Berjabat Tangan

Uncategorized

Ina Ammania Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pacitan

Uncategorized

Kodim 0802/Ponorogo Siap Sukseskan Program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya di Kabupaten Ponorogo

Uncategorized

Satsabhara Polres Ponorogo melaksanakan giat  patroli SABHARA PEDULI