Home / Headline

Kamis, 9 April 2020 - 21:39 WIB - Editor : redaksi

Penanganan pencegahan penyebaran Covid19 di desa-desa wilayah kecamatan Sawoo pembuatan tempat isolasi mandiri

KANALPONOROGO.COM-Sawoo – Penanganan pencegahan penyebaran Covid19 di desa-desa wilayah kecamatan Sawoo saat ini sampai dengan pembuatan tempat isolasi mandiri berkelompok. Hal ini mendukung desa sebagai salah satu ujung tombak dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid19, setelah sebelumnya desa – desa diwilayah kecamatan Sawoo membuat Posko Desa Siaga Covid19, pos Gerbang Desa dan Poskamling.

Kapolsek Sawoo AKP Edi Suyono, S.E. saat sambang ke desa Kori, Kecamatan Sawoo pada Kamis (9/4/2020) misalnya, mengapresiasi desa-desa yang telah membuat tempat isolasi mandiri berkelompok. Hal ini juga sesuai surat edaran Bupati Ponorogo tentang protokol isolasi mandiri berkelompok dalam rangka penanggulangan Covid19 di Kabupaten Ponorogo. Dimana setiap desa mengadakan tempat isolasi mandiri berkelompok dengan sasaran Orang Dengan Risiko (ODR), Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan gejala ringan yang tidak memungkinkan dilakukan isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga :  Patroli Gabunan Skala Besar Beri Himbauhan Patuhi Protokol Kesehatan

“Kalau dari laporan pemantauan Bhabinkamtibmas yang masuk, hampir seluruh desa telah membuat tempat isolasi mandiri berkelompok didesanya, beberapa diantaranya tinggal sedikit kekurangan kekurangan misalnya tempat tidur atau peralatan dapur. Kedepan tentu akan sangat dibutuhkan manakala pemudik yang tidak bisa dihimbau untuk tidak pulang kampung”, ujar AKP Edi Suyono.

Baca Juga :  Polda Jatim Berhasil Ungkap 31 Kasus Narkoba dan Amankan 43 Tersangka Sepanjang Mei 2024

Kegiatan isolasi mandiri berkelompok di desa dalam pelaksanaannya diketuai oleh Kepala Desa dan bertanggung jawab kepada Camat. Orang yang diisolasi akan dipantau kesehatannya secara berkala oleh unsur kesehatan di desa tersebut. “Orang yang diisolasi akan dikarantina selama 14 Hari, serta dilarang meninggalkan tempat isolasi. Ndak boleh dijenguk sampai dinyatakan sehat dan tidak bergejala”, pungkas Kapolsek Sawoo. (rb)

Share :

Baca Juga

Headline

Bali Aman Saat WWF, Akademisi Beri Apresiasi Polri

Headline

Polres Ponorogo implementasikan Instruksi Presiden Nomor 06 Tahun 2020

Headline

Kapolri Diberi Gelar Adat-Pusaka oleh Dewan Adat dan Kerajaan di Sulawesi Selatan

Headline

Pembatasan Aktivitas Masyarakat Bikin Tak Nyaman, Kapori: Ini Untuk Menjaga Keselamatan Rakyat

Headline

Sukseskan PPKM Darurat, Polres Ponorogo Siapkan pos penyekatan perbatasan dan penutupan jalur dalam kota

Headline

Kapolda Jatim; Satgas Gakkum Polda Menyita 43 Jenis Obat dan Vitamin yang dijual secara tidak sah

Headline

Polrestabes Surabaya Siapkan Layanan Pengisian Daya Motor Listrik Gratis

Headline

Kokohkan Sinergitas, Koramil Jajaran Kodim 0802/Ponorogo Gelar Olahraga Tingkat Forpimcam