Home / Headline / Mataraman / News

Senin, 24 Agustus 2020 - 14:48 WIB - Editor : Didi

Implementasikan Inpres No. 6 Th. 2020, Polres Ponorogo gelar Apel bersama

KANALPONOROGO.COM: Sebagai upaya untuk mengimplementasikan Instruksi Presiden RI No 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 Polres Ponorogo menggelar apel bersama di depan patung macan Jalan Aloon-aloon Utara Kecamatan/ Kabupaten Ponorogo, Senin(24/08/2020).

Apel diikuti sejumlah 4 peleton anggota Polres Ponorogo, 2 personil Sub Denpom Ponorogo, 2 peleton anggota Kodim 0802/ Ponorogo, 1 peleton Sat Pol PP Kabupaten Ponorogo, 1 peleton Dishub Kabupaten Ponorogo, 1 peleton BPBD Ponorogo dan 1 peleton dari Dinkes Ponorogo.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Ponorogo H. Soedjarno menyampaikan bahwa pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Ponorogo telah dilaksanakan secara maksimal, akan tetapi masih terdapat penyebaran Covid-19.

“Sinergitas antar instansi dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 telah terjalin dengan baik. Namun untuk memberikan kesadaran dan mendisiplinkan masyarakat perlu sinergitas berkelanjutan antar instansi yang diwujudkan dalam Inpres No. 6 tahun 2020,”ucapnya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan,” Inpres No. 6 tahun 2020 mendorong masing-masing Kabupaten/Kota di Indonesia untuk menyusun regulasi yang akan menjadi dasar hukum pendisiplinan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan,”tuturnya.

Baca Juga :  Narkoba NO ! Prestasi Yes ! Polisi berikan pembinaan & penyuluhan

Dijelaskan Wabup Sudjarno, saat ini Kabupaten Ponorogo sedang menyusun Peraturan Bupati yang menjadi dasar hukum implementasi Inpres No. 6 tahun 2020, hal tersebut juga didukung dengan Permendagri No. 4 tahun 2020.

Sementara itu Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis dalam sambutanya yang dibacakan oleh Wakapolres Ponorogo Kompol Indah Wahyuni menyampaikan sebagai implementasi Inpres No. 6 tahun 2020, Polres Ponorogo telah membentuk Satgas terhitung sejak tanggal 11 Agustus sampai dengan 9 September 2020 yang pelaksanaan tugas dilakasanakan bersama secara masif terkait peningkatan disiplin dan penegakan hukum dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Disebutkan Wakapolres, sebagai Satgas pelaksana yaitu Subsatgas Pengawasan yang bertugas melaksanakan pengawasan dan evaluasi penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat, Subsatgas Patroli yang bertugas melakukan patroli protokol kesehatan secara terpadu bersama instansi terkait, Subsatgas Gakkum yang bertugas melaksanakan penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku, Subsatgas komunikasi dan publikasi yang bertugas melakukan publikasi himbauan dan hasil pelaksanaan tugas di media sosial maupun online, Subsatgas pembinaan dan pendisiplinan yang bertugas melakukan pembinaan dan pendisiplinan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Polsek Pulung Ringkus Bandar Dadu Kopyok

“Pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 23 Agustus 2020, kita telah melaksanakan edukasi, pengawasan, dan pemeriksaan kepada masyarakat sampai sejauh mana tingkat disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selanjutnya tahap pertama mulai tanggal 24 ssmpai dengan 31 Agustus 2020, kita laksanakan peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan serta pengendalian Covid-19 wilayah Kabupaten Ponorogo secara terpadu,”terang Kompol Indah.

Dijelaskan Wakapolres tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 9 September 2020, dengan kegiatan serupa pada tahap pertama.

Disebutkan Wakpolres, dalam pelaksanaan penegakan hukum sesuai dengan Inpres No. 6 tahun 2020 antara lain teguran lisan/tertulis, kerja sosial, denda administratif, pemberhentian/penutupan tempat usaha.

“Pelaksanaan penegakan hukum yang telah kita lakukan berupa teguran secara lisan atau tertulis dan kerja sosial (menyapu jalan, mencabut rumput, menyanyikan lagu kebangsaan dan lain lain), dilarang melakukan tindakan hukum secara fisik, laksanakan tugas secara humanis dan hindari tindakan kontraproduktif yang bisa menimbulkan permasalahan,”pungkas Wakapolres.

Share :

Baca Juga

Mataraman

Bhayangkari Polres Ponorogo Anjangsana dan Silaturahmi Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke- 67 tahun 2019

Headline

1 Juta Vaksin Hadiah Bhayangkara ke-75 Untuk Masyarakat Sehat-Indonesia maju

Mataraman

Peran Kepolisian Sosialisasikan Program Kesehatan Masyarakat

Mataraman

Safari sholat Jumat “bhabinkamtibmas titipkan pesan kamtibmas”

Headline

Pesan Kanit Binmas Saat Menjadi Irup Di SDN 1 Nambangrejo

Mataraman

Sigap Tanggap Pandemi Cavid-19, Dengan Mendatangi warga Selur Yang Baru Pulang Dari Luar Negeri

Peristiwa

Terkena Serangan Jantung, Warga Kauman Ponorogo Ditemukan Meninggal di Gubuk Tengah Sawah

Headline

Jaga Silaturahmi Polsek Sukorejo Sambangi Pondok Pesantren Bani Hasan Di Wilayahnya