Home / Uncategorized

Rabu, 11 Mei 2022 - 13:28 WIB - Editor : Redaksi

Polri Siapkan Upaya Mitigasi Cegah Penyebaran PMK Hewan Ternak

JAKARTA – Polri menyatakan bahwa telah menyiapkan upaya mitigasi untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak. Diantaranya adalah melakukan lockdown di wilayah yang diketemukan penyakit tersebut.

 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, lockdown tersebut dilakukan sebagai upaya Biosecurity dalam rangka mencegah penyebaran penyakit hewan ternak tersebut.

 

“Mitigasi penyebaran virus PMK di wilayah Provinsi Jatim dengan laksanakan lockdown lokal guna mengentikan sementara mobilitas angkutan ternak ke luar wilayah atau biosecurity,” kata Dedi kepada wartawan, Jakarta, Rabu (11/5).

Baca Juga :  Rangkaian HUT ke 75 Kemerdekaan RI, Dandim 0802/Ponorogo Menjadi Irup pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci

 

Dedi juga menyebut bahwa, Kepolisian akan bersinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak itu.

 

“Terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas peternakan daerah untuk pendataan, vaksinasi dan langkah-langkah seperti potong paksa dan penguburan hewan yang sudah mati dengan memberikan disinfektan atau obat-obat pembunuh virus,” ujar Dedi.

 

Tak hanya itu, Dedi mengungkapkan, pihaknya siap membantu Kementan atau Dinas Peternakan setempat untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak disuatu wilayah.

Baca Juga :  Terkait Perkembangan Covid-19, Dandim 0802/Ponorogo Ikuti Vidcon Bersama Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim

 

“Melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi dengan terus memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang dan memisahkan ternak yang sakit atau suspek PMK dan dinas peternakan akan memberikan obat/ vaksin,” ucap Dedi.

 

“Melakukan pengawasan di pos keluar masuk hewan di perbatasan kab/kota dan provinsi,” tambah Dedi mengakhiri.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Hindari Kecelakaan, Kakorlantas : Sehat dan tidak lelah menjadi syarat mutlak saat berkendara

Uncategorized

Polres Blitar Bangun Sinergitas Bersama Masyarakat Dengan “Tiada Hari Tanpa Teman Baru”

Uncategorized

Kodim Ponorogo Gelar Rapat Kegiatan Non Fisik TMMD ke 106 Tahun 2019

Uncategorized

Percepat Penanganan Covid-19, Kodim 0802/Ponorogo Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Purnawirawan, Warakawuri dan Lansia

Uncategorized

Diduga Idap Tumor Tak Kunjung Sembuh, Warga Jambon Ditemukan Gantung Diri

Uncategorized

Tingkatkan Iman dan Taqwa, Kodim 0802/Ponorogo Menggelar Kajian Agama Secara Rutin

Uncategorized

Geliat Pembangunan RTLH Milik Bu Damitun, Salah Satu Sasaran TMMD ke 113 Kodim 0802/Ponorogo

Uncategorized

Amankan Wilayah dari Covid-19, Kodim 0802/Ponorogo (Koramil 03 Babadan) Bersama Aparat Terkait Terus Pantau dan Himbau Warga Yang Mudik/Pulang ke Kampung Halaman