Home / Headline

Senin, 3 Oktober 2022 - 23:10 WIB - Editor : SOFYAN - Kanal Indonesia Network

Hari Batik Nasional, Bunda Rita Pamerkan Batik Ponorogo di Acara Batik Specta Nusantara Semarang

KANALPONOROGO.COM – Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita, yang akrab disapa Bunda Rita terus berupaya membesarkan kembali kejayaan Batik Ponorogo yang pernah moncer di jamannya.

Salah satunya dengan mengenalkan batik corak merak dan batik corak reog yang merupakan ciri khas Ponorogo pada acara Batik Specta Nusantara yang digelar oleh Pemerintah Kota Semarang bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dalam rangka peringatan hari Batik Nasional, (1/10/22).

Batik Specta Nusantara ini dihadiri oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Kapala Daerah atau Wakil Kepala Daerah perempuan, Anggota DPR RI perempuan  dan menampilkan ribuan jenis batik dengan gaya dan pesonanya.

Baca Juga :  Irjen Pol Toni Harmanto Resmikan Semeru Walk dan Air Mancur Kolam Semeru di Mapolda Jatim

“Pada moment Hari Batik Nasional ini kami ingin mengangkat kembali kejayaan Batik Ponorogo. Salah satunya dengan memamerkan batik dengan corak khas Ponorogo dihadapan Bu Menteri dan ribuan pasang mata yang hadir. Dan alhamdulillah, batik kita banyak dipuji orang karena coraknya unik dan tidak malehi (membosankan-red),” ungkap Bunda Rita.

“Saya haturkan terima kasih kepada Pemkot Semarang, sudah mengundang dan diberi kesempatan untuk memperlihatkan batik ponorogo,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bunda Rita menyampaikan langkahnya ini selaras dengan amanat Instruksi Presiden RI no. 2 tahun 2022. Mengingat di Kabupaten Ponorogo saat ini banyak pelaku UMKM lokal pengrajin batik yang mulai berkembang dengan hasil karya khas Ponorogo.

Baca Juga :  Kapolda Jatim Mengecek Pelaksanaan Test Kesamaptaan Jasmani Seleksi Penerimaan Bintara Polri Gelombang II T.A. 2022

“Dalam rangka implementsi Intruksi Pak Presiden nomor 2 tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan seterusnya. Karena dulur-dulur UMKM pengrajin batik saat ini di Ponorogo sedang berkembang dengan kreasinya masing-masing, namun tidak meninggalkan khasnya dari Ponorogo. Tentu ini akan kita dorong, kita bantu promosikan di pasar yang lebih luas”, pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Headline

Wujud Kepedulian Kapolsek Sambit Hadiri Pemberian Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

Headline

Ajak DPRD Bersama Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024, Kapolres Ponorogo Temui Pimpinan Dewan

Headline

Wujud Sinergitas, Polsek Mlarak Melaksanakan Pemasangan Banner Dalam Rangka Dirgahayu TNI Ke-78

Headline

Cegah Covid 19 Polsek Bungkal Bagi Bagi Masker

Headline

Kapolri: Jangan Ragu Pecat dan Pidanakan Anggota Yang Melanggar!

Headline

Polres Ponorogo dan Polsek jajaran, Serentak Gelar Bakti Religi

Headline

Kapolda Jatim; Satgas Gakkum Polda Menyita 43 Jenis Obat dan Vitamin yang dijual secara tidak sah

Headline

Kapolres Ponorogo Laksanakan Giat Silaturahmi Dengan MUI Dan Pimpinan Ponpes Darul Huda