Home / Headline / Mataraman

Kamis, 2 Februari 2023 - 18:58 WIB - Editor : redaksi

Launching Mustahik Income Generating Program, YBM BRILiaN Donasikan Zakat kepada Petani Ponorogo

KANALPONOROGO.COM: Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN) Regional Office Malang melaunching Mustahik Income Generating Program (MIGP) di Balai Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Ponorogo, Jatim, Kamis(02/02/2023).

Launching yang dihadiri Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Ponorogo R. Pandu Bagja Sumawijaya yang didampingi  Ketua YBM BRILiaN Ponorogo Dadan Firdaus dan Sekdakab Ponorogo Agus Pramono menyalurkan donasi zakat untuk membantu penerima manfaat dalam mengembangkan budi daya terong, gambas dan ternak domba.

Sebagai penerima manfaat donasi dari YBM BRILiaN yaitu dua kelompok petani terong dari Desa Glinggang, Kecamatan Sampung; kelompok petani gambas dari Desa Bangsalan, Kecamatan Sambit; kelompok peternak domba dari Desa Klepu, Kecamatan Sooko.

“Mudah-mudahan mampu memberdayakan ekonomi masyarakat. Sinergi untuk peningkatan Sumber Daya Manusia yang bersinggungan dengan adanya angka kemiskinan,” ucap Pimpinan Cabang BRI Ponorogo R. Pandu Bagja Sumawijaya dalam sambutanya.

Pandu mengatakan,” ini memang program kita untuk terus membuat ketahanan pangan. Jadi program BRI adalah memberi makna indonesia, dimana itu memberdayakan ekonomi, baik ekonomi perkotaan maupun perdesaan. Untuk yang di desa yaitu pertanian dan peternakan,” terangnya.

Baca Juga :  Hadapi Putusan Pengadilan, Orang Tua Rita Didampingi DPRD Bertolak ke Malaysia

Disebutkan Pandu, BRI selalu ada, baik dikala ada krisis ataupun tidak,” BRI selalu konsen di ketahanan pangan dan ekonomi kerakyatan,”tuturnya.

Dipilihnya gambas dan terong karena merupakan aspirasi masyarakat,” itu yang masih bisa diberdayakan, kalau beras kan semuanya sudah, jadi kita membuat desirtifikasi dari pertanian yang ada disini. Sedangkan pasarnya untuk sekitar Ponorogo,” kata Pandu.

Dalam program Mustahik Income Generating Program (MIGP) dua kelompok petani terong dari Desa Glinggang masing masing mendapatkan bantuan hibah senilai Rp54 juta, yang dirupakan dalam modal usaha; sewa lahan; traktor mini; bibit; sewa lahan dan pupuk.

Sedangkan untuk kelompok peternak domba pedaging dari Desa Klepu, Kecamatan Sooko total mendapatkan bantuan senilai Rp108 juta yang peruntukanya yaitu untuk bibit; pakan dan kandang.

Untuk kelompok petani budi daya gambas, di Desa Bangsalan, Kecamatan Sambit total mendapatkan donasi senilai Rp60,5 juta untuk pembelian bibit; pupuk; sewa lahan dan traktor mini.

Baca Juga :  Polres Madiun Bekuk Pasangan Kekasih Pelaku Penculikan Bayi

Ketua YBM BRILiaN Ponorogo, Dadan Firdaus ditemui usai launching menyampaikan,” program ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2022, namun karena ada keterlambatan dalam proses administrasi, sehingga baru bisa dilaksanakan pada akhir Desember 2022 sampai sekarang masih berlanjut,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Ponorogo, Agus Pramono menyampaikan ucapan terima kasih adanya sinergitas ini.

“Dengan jumlah rakyat yang hampir 1 juta ini Pemkab tidak bisa mengandalkan dari APBD saja. Sehingga kita harus bersinergi dengan berbagai pihak, diantaranya dengan YBM BRILiaN ini dalam program ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Selain digelar launching, juga dilakukan penandatanganan Memorium off Understanding (MoU) antara Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo dengan YBM BRILiaN untuk pembinaan tehnis dan MoU antara Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo dengan YBM BRILiaN untuk manajemen pemasaran paska panen.

 

Share :

Baca Juga

Headline

Wakapolres Ponorogo Pantau Pelaksanaan Ijazahan GASMI dan Pendadaran PSHT di Sampung.

Headline

Kokohkan Sinergitas, Koramil Jajaran Kodim 0802/Ponorogo Gelar Olahraga Tingkat Forpimcam

Headline

Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Jember Lakukan Aksi Sosial Bedah Rumah

Headline

Polsek Sambit Polres Ponorogo : Bentuk Belasungkawa, Kapolsek Sambit, anggota dan bhayangkari melaksanakan takziah Keluarga Anggota Yang Meninggal

Headline

Silaturahim Kapolres Ponorogo Pimpinan Pondok Pesantren Miftahussalam K.H. Ahmad Daerobi

Headline

AKBP ANDI SINJAYA BERSAMA FORKOPIMDA DAMPINGI TIM LEMDIKLAT POLRI GELAR BAKSOS VAKSINASI DI PASIR PUTIH SITUBONDO

Mataraman

Dalam Rangka Peringatan HUT Bhayangkara ke-73, Polsek Babadan Adakan Tasyakuran

Mataraman

Jogo Bumi Demi Masa Depan Polri Peduli Penghijauan, Polsek Sampung Gerakan Tanam Pohon