Home / Headline / Mataraman

Kamis, 2 Februari 2023 - 18:58 WIB - Editor : redaksi

Launching Mustahik Income Generating Program, YBM BRILiaN Donasikan Zakat kepada Petani Ponorogo

KANALPONOROGO.COM: Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN) Regional Office Malang melaunching Mustahik Income Generating Program (MIGP) di Balai Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Ponorogo, Jatim, Kamis(02/02/2023).

Launching yang dihadiri Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Ponorogo R. Pandu Bagja Sumawijaya yang didampingi  Ketua YBM BRILiaN Ponorogo Dadan Firdaus dan Sekdakab Ponorogo Agus Pramono menyalurkan donasi zakat untuk membantu penerima manfaat dalam mengembangkan budi daya terong, gambas dan ternak domba.

Sebagai penerima manfaat donasi dari YBM BRILiaN yaitu dua kelompok petani terong dari Desa Glinggang, Kecamatan Sampung; kelompok petani gambas dari Desa Bangsalan, Kecamatan Sambit; kelompok peternak domba dari Desa Klepu, Kecamatan Sooko.

“Mudah-mudahan mampu memberdayakan ekonomi masyarakat. Sinergi untuk peningkatan Sumber Daya Manusia yang bersinggungan dengan adanya angka kemiskinan,” ucap Pimpinan Cabang BRI Ponorogo R. Pandu Bagja Sumawijaya dalam sambutanya.

Pandu mengatakan,” ini memang program kita untuk terus membuat ketahanan pangan. Jadi program BRI adalah memberi makna indonesia, dimana itu memberdayakan ekonomi, baik ekonomi perkotaan maupun perdesaan. Untuk yang di desa yaitu pertanian dan peternakan,” terangnya.

Baca Juga :  Jaga Keamanan Polsek Jambon Laksanakan Pengawalan Peserta Kejuaraan Silat PSHT CUP 2024

Disebutkan Pandu, BRI selalu ada, baik dikala ada krisis ataupun tidak,” BRI selalu konsen di ketahanan pangan dan ekonomi kerakyatan,”tuturnya.

Dipilihnya gambas dan terong karena merupakan aspirasi masyarakat,” itu yang masih bisa diberdayakan, kalau beras kan semuanya sudah, jadi kita membuat desirtifikasi dari pertanian yang ada disini. Sedangkan pasarnya untuk sekitar Ponorogo,” kata Pandu.

Dalam program Mustahik Income Generating Program (MIGP) dua kelompok petani terong dari Desa Glinggang masing masing mendapatkan bantuan hibah senilai Rp54 juta, yang dirupakan dalam modal usaha; sewa lahan; traktor mini; bibit; sewa lahan dan pupuk.

Sedangkan untuk kelompok peternak domba pedaging dari Desa Klepu, Kecamatan Sooko total mendapatkan bantuan senilai Rp108 juta yang peruntukanya yaitu untuk bibit; pakan dan kandang.

Untuk kelompok petani budi daya gambas, di Desa Bangsalan, Kecamatan Sambit total mendapatkan donasi senilai Rp60,5 juta untuk pembelian bibit; pupuk; sewa lahan dan traktor mini.

Baca Juga :  KF Diduga Sebagai Ahli Perakit Bom

Ketua YBM BRILiaN Ponorogo, Dadan Firdaus ditemui usai launching menyampaikan,” program ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2022, namun karena ada keterlambatan dalam proses administrasi, sehingga baru bisa dilaksanakan pada akhir Desember 2022 sampai sekarang masih berlanjut,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Ponorogo, Agus Pramono menyampaikan ucapan terima kasih adanya sinergitas ini.

“Dengan jumlah rakyat yang hampir 1 juta ini Pemkab tidak bisa mengandalkan dari APBD saja. Sehingga kita harus bersinergi dengan berbagai pihak, diantaranya dengan YBM BRILiaN ini dalam program ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Selain digelar launching, juga dilakukan penandatanganan Memorium off Understanding (MoU) antara Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo dengan YBM BRILiaN untuk pembinaan tehnis dan MoU antara Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo dengan YBM BRILiaN untuk manajemen pemasaran paska panen.

 

Share :

Baca Juga

Headline

Subdit III Jatanras Polda Jatim Ungkap Pengadaan Alkes Fiktif Senilai 30 Milyar

Headline

Personel Gabungan Polres Pasuruan Gelar Simulasi Sispamkota Siap Amankan Pilkada Serentak 2024

Headline

Kapolres Di Polda Jatim Dan Sejumlah PJU Dimutasi

Mataraman

Kapolsek Pulung Pimpin Anggota Polri Menamam Rumput Vetiver

Mataraman

Wakapolsek & Kanit BinmasPolsek Ngrayun Sambangi Sekolah

Headline

Kapolsek Ponorogo Melaksanakan Giat Silaturahmi Kamtibmas dengan Pengurus Masjid Asy Syarofah

Headline

Kapolres Probolinggo Lepas Baksos   Distribusikan 10 Ton Beras Untuk Warga di Masa PPKM Darurat

Mataraman

Bripka Hari Sutoyo Bantu Dorong Mobil Mogok