Home / Headline / Nasional

Jumat, 28 April 2023 - 18:58 WIB - Editor : redaksi

KAI DAOP 7 Madiun Dapati Penumpang Turun Melebihi Relasi

MADIUN, KANALPONOROGO.COM: Petugas KAI DAOP 7 Madiun mendapati penumpang yang membeli tiket yang tidak sesuai dengan tujuan dari perjalananya. Penumpang tersebut mencoba turun melampaui dari tiket yang dibelinya. Sehingga PT KAI memberikan sanksi dengan menurunkan di stasiun kecil.

Hal ini terjadi di masa angkutan lebaran 2023 ini, bahkan sampai 4  kasus.

Seperti kejadian hari Rabu (26/4/2023), menerima informasi dari Kondektur Kereta Api Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung, bahwa kedapatan seorang penumpang yang seharusnya habis relasi di Stasiun Madiun, namun tidak turun. Modus yang dilakukan adalah dengan berpindah ke kereta makan untuk membeli air mineral saat Kereta Api telah sampai di Stasiun Madiun. Setelah dilakukan pemeriksaan dan interogasi oleh petugas, ternyata yang bersangkutan ingin melanjutkan perjalanan menuju Solo Balapan, namun tanpa membeli tiket. Sehingga KA Turangga berhenti luar biasa di stasiun Kedunggalar pada pukul 21.35 untuk menurunkan penumpang tersebut.

Manager Humas Daop 7 Madiun Supriyanto mengatakan, “PT KAI memberikan sanksi kepada orang tersebut dengan menurunkan di Stasiun Kedunggalar”.

Sebelumnya juga terjadi kasus yang sama, yaitu :

– Jum’at (3/3), KA Sancaka tambahan, relasi Surabaya – Yogyakarta, terdapat 2 (dua) orang penumpang dengan relasi habis di stasiun Madiun, namun hendak berlanjut ke Yogyakarta tanpa tiket. KA Sancaka tambahan berhenti luar biasa di stasiun Kedunggalar untuk menurunkan kedua orang tersebut.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Surabaya Meningkat, Polrestabes Surabaya Kembali Menggelorakan Sosialisasi Prokes

– Rabu (22/3), KA Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya. Kedapatan penumpang dengan tiket habis relasi Madiun, namun hendak melanjutkan ke Surabaya tanpa tiket. KA Argo Wilis berhenti luar biasa di stasiun Saradan, untuk menurunkan penumpang tersebut.

– 10 April 2023, 2 (dua) orang penumpang KA Sancaka relasi Yogyakarta – Surabaya, kedapatan penumpang habis relasi Madiun, namun Melanjutkan ke Mojokerto tanpa tiket. KA Sancaka berhenti luar biasa di stasiun Saradan guna menurunkan penumpang tersebut

“KAI mengimbau kepada pelanggan KA untuk tetap disiplin saat naik kereta api, dengan melakukan perjalanan sesuai dengan relasi tiket yang telah dipesan,” jelas Supriyanto.

PT KAI senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya dengan menyediakan tarif khusus tiket kereta api yang dapat dipesan 2 jam sebelum keberangkatan kereta.

Supriyanto menyampaikan, tiket tarif khusus kereta api ini bisa didapatkan penumpang di loket stasiun, aplikasi KAI Access, dan kanal eksternal yang bekerja sama dengan PT KAI.

“Melalui program tarif khusus, pelanggan dapat membeli tiket dengan harga yang lebih murah untuk rute tertentu,’ kata Manager Humas Daop 7 Madiun

Lebih lanjut, tarif khusus tiket kereta api ini hanya berlaku untuk perjalanan kereta api di rute tertentu, misalnya Madiun – Blitar (PP), Madiun – Yogya (PP) atau Madiun – Surabaya Gubeng (PP). Adapun tarif khusus tersebut untuk Kelas Eksekutif mulai dari Rp. 70.000 – Rp. 140.000, Kelas Bisnis mulai dari Rp. 60.000 – Rp. 120.000 dan Kelas Ekonomi mulai dari Rp. 50.000 – Rp. 90.000.

Baca Juga :  Kapolsek Sawoo Polres Ponorogo Cek Portal Waduk Bendo

“Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat dapat menikmati perjalanan menggunakan transportasi kereta api dengan tertib, aman dan nyaman,” pungkas Supriyanto.

Diketahui, Kereta api saat ini menjadi moda transportasi yang digemari masyarakat. Selain bebas macet, juga Ndak deg-degan, karena KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA.

Selama dalam perjalanan kereta api juga tersedia fasilitas anti bosan, dimana penumpang KA bisa terus menggunakan gadget atau laptopnya tanpa takut kehabisan baterai.

Kenapa?, karena di setiap lokasi tempat duduk penumpang, sudah disiapkan colokan listrik yang bisa dimanfaatkan penumpang KA untuk mengisi baterai gadget atau laptop nya.

Dan juga, selain pemandangan indah sepanjang perjalanan, juga tersedia kuliner di atas kereta. Walaupun kondisi covid-19 sudah membaik, KAI tetap menjalankan protokol kesehatan untuk menjamin perjalanan dengan kereta api tetap sehat, aman dan nyaman. Stasiun stasiun yang dimiliki KAI juga menjangkau banyak kota. KAI juga menyediakan tarif khusus go show, untuk rute-rute tertentu, dengan harga terjangkau yang bisa dibeli 2 (dua) jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Sehingga, dengan fasilitas tersebut, kereta api menjadi primadona moda transportasi darat.

Share :

Baca Juga

Headline

SATLANTAS POLRES PONOROGO BERI HIMBAUAN DAN BERBAGI MASKER

Headline

KAI Daop 7 Madiun Mohon Maaf Atas Keterlambatan Perjalanan KA, Dampak Terganggunya KA Argo Semeru di Sentolo

Headline

Polres Ponorogo Sambut Hari Bhayangkara ke 74 Dengan Donor Darah

Headline

Polrestabes Surabaya Kembali Meluncurkan Inovasi Baru Untuk Mensukseskan Serbuan Vaksinasi

Headline

GP Ansor dan PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Polri Penahanan dan Penetapan Tersangka Ferdinand Hutahaean

Headline

Bertemu Panglima, Kapolri Pastikan Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri Ditingkatkan

Headline

Ciptakan Situasi Kamtibmas yang Kondusif, Kapolres Madiun Cangkrukan bersama Paguyuban Pencak Silat

Headline

Polsek Jambon Melaksanakan Pengamanan Pawai Porak Tumpeng dari Jama’ah Masjid Jami’ Desa Jambon