Home / Headline

Senin, 10 Juli 2023 - 10:19 WIB - Editor : Redaksi

Masyarakat Puji Terobosan Pelayanan Berbasis Industri 4.0 dan Sosok Polisi Inspiratif dari Propam Polri

 

Jakarta – Divisi Propam Polri mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat terkait transformasi yang dilakukan di era industri 4.0. Masyarakat kini merasakan komitmen Propam Polri yang cepat, mudah, transparan, akuntabel, inovatif dan responsif dalam melayani aduan terhadap perilaku anggota Polri dengan memanfaatkan teknologi.

Pada era keterbukaan informasi publik saat ini, Divpropam Polri menjawab tantangan dengan melakukan transformasi baik dari aspek budaya, organisasi hingga pelayanan publik. Dalam memberikan pelayanan publik, Divpropam Polri melakukan terobosan dengan memanfaatkan layanan WA Yanduan (pelayanan aduan) di nomor 0812-1010-6700 yang bertujuan agar komunikasi antara masyarakat dan petugas Yanduan dapat dilakukan secara interaktif dan tidak ada sekat antara petugas dan warga.

Selain itu WA Yanduan didukung oleh Propam Integrated System (PIS), sebagai sistem kontroling dan monitoring serta Big Data kontroling pimpinan. Tidak hanya pimpinan Polri saja yang dapat memantau, tetapi untuk warga yang membuat pengaduan.

Beberapa terobosan tersebut untuk dapat menjawab tantangan di era keterbukaan informasi. Keterbukaan ini penting untuk mengetahui secara utuh pendapat publik terhadap Polri. Dengan adanya aplikasi ini akan membuat Polri berbenah diri.

Kemudian ke internal, Propam Polri dalam memperingati HUT ke-77 Bhayangkara menggelar Lomba Responsivitas Dumas Satwil Bid Propam 2023. Hal itu ditujukan untuk meningkatkan kinerja anggota kepolisian dan menciptakan iklim kompetitif seluruh anggota Polri sehingga memunculkan sosok polisi yang humanis dan inspiratif.

Baca Juga :  Polsek Pulung Melaksanakan Pengamanan Pendistribusian Bantuan Langsung Pangan Beras Tahap II Badan Pangan Nasional

Pelbagai upaya yang dilakukan oleh Divisi Propam Polri itu mendapatkan respon positif baik itu secara langsung maupun jajak pendapat seperti yang dilakukan Litbang Kompas. Apalagi banyak sosok polisi inspiratif khususnya dari anggota Propam Polri.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengaku bangga dengan kinerja Divisi Propam Polri. Selain harus bertugas menjaga Kamtibmas, anggota Polri juga memiliki kepedulian kepada masyarakat hingga ke pelosok negeri.

“Inilah sosok polisi Presisi sesungguhnya. Saya dan masyarakat sangat bangga. Salut,” kata Bamsoet dalam video ucapannya.

Senada dengan Bamsoet, anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poenky Indarti mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Polri yang selama ini hadir untuk masyarakat. Dirinya bangga banyak muncul sosok polisi inspiratif khususnya anggota Propam yang mengabdi tulus kepada negeri.

Selain itu dengan digelarnya Lomba Responsivitas Dumas Satwil Bid Propam 2023 kata Poenky menjadi wujud nyata pelayanan Polri yang transparan, objektif dan menunjukan keaktifan, kecepatan dan komunikatifnya Polri kepada masyarakat.

“Ini bukti nyata manajemen dan pelayanan Polri kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu kata Poenky dari survei Litbang Kompas telah menunjukkan bahwa penanganan pengaduan masyarakat melalui Divisi Propam Polri saat ini mendapatkan respon positif.

“Saya juga apresiasi kepada Divisi Propam dalam penyelesaian perkara sampai dengan sidang KKEP dan Disiplin. Semoga menjadi Polri yang Presisi,” ucap Poenky.

Baca Juga :  GP Ansor dan PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Polri Penahanan dan Penetapan Tersangka Ferdinand Hutahaean

Sementara Pimpinan Ponpes Syafi’i Pamekasan, Madura mengapresiasi seluruh anggota Propam Polri yang terus berinovasi, inspiratif dan menjadi tauladan bagi masyarakat.

“Dengan digelar lomba dumas satwil yang bukti nyata transparansi Polri dalam menampung, menindaklanjuti aduan masyarakat dan menciptakan iklim kompetisi yang positif dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, insyallah akan semakin banyak lagi polisi yang inspiratif. Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya,” ucapnya.

Sedangkan Ketua Umum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI), Bintang Wahyu Saputra juga mengapresiasi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas adanya Dumas Presisi, Propam Polri sangat responsibilitas dalam melayani aduan masyarakat.

Selain itu dalam menangani dan penyelesaian perkara, Propam Polri telah membuktikan ketegasannya. Sehingga kata Bintang banyak memunculkan polisi-polisi baik yang humanis dan inspiratif.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Propam Polri atas ketegasannya banyak melahirkan polisi-polisi baik,” tandasnya.

Untuk diketahui, banyak anggota Propam Polri menjadi sosok inspiratif. Bripka Heri Prasetyo anggota Provos Polda DIY menghibahkan seluruh uang tunjangan kinerja (tukin) untuk mendirikan TK gratis di pelosok Gunungkidul sejak 2020. Kemudian Kasubbid Paminal Polda Kaltim, Kompol Irawan Setyono menginisiasi program Polisi Mengabdi di pedalaman Kaltim dan sosok Aiptu Nana Sumarna anggota Paminal Bidpropam Polda Jambi mendirikan LPQ gratis untuk anak-anak dan lansia.

Share :

Baca Juga

Headline

IPTU Nurul Hidayah Wakapolsek Sukorejo Sambangi Rumah Warga Yang Tergenang Air.

Headline

Kepala Staf Kepresidenan RI Apresiasi Kinerja Forkopimda Kabupaten Sampang Dalam Penanganan Covid-19

Headline

Sambang Duka Kapolsek Sukorejo Kepada Warga Yang Meninggal Dunia

Headline

Polisi Berhasil Amankan Tersangka Begal yang Lukai Korban di Dharma Husada Surabaya

Headline

Ramadhan Berkah, Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Timur Berbagi Takjil Untuk Warga Ngawi

Headline

Forkopimka Sukorejo gelar Ops Yustisi

Headline

POLRESTA BANYUWANGI DAN 25 POLSEK JAJARAN MELAKSANAKAN PEMASANGAN STICKER CONTACT PERSON TRACER COVID 19

Headline

Tak Sekedar Amankan Kegiatan, Anggota Polsek Somoroto Juga Awasi Protokol Kesehatan