Home / Kanal Jawa Timur

Jumat, 24 November 2023 - 15:51 WIB - Editor : Redaksi

Kapolda Jatim Tegaskan Poin Netralitas Anggotanya dalam Mengawal Pemilu 2024

BATU – Netralitas Polda Jatim tidak perlu diragukan lagi dalam mengawal Pemilu 2024. Pasalnya, Kapolda Jawa Timur Drs. Irjen Pol Imam Sugianto,M.Si telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk betul-betul memperhatikan terkait poin netralitas.

Hal itu disampaikan Kapolda Jawa Timur usai gelar Analisa dan Evaluasi (Anev) Situasi Kemanan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) Polda Jatim dan jajaran untuk bulan Oktober tahun 2023 di Kota Batu, Kamis (23/11/2023).

Dalam Anev Sitkamtibmas itu Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto menekankan kepada jajarannya untuk betul-betul memperhatikan penekanan yang disampaikan, khususnya pada poin netralitas.

Baca Juga :  Polres Magetan Gandeng MUI Upaya Cooling System Menjelang Pemilu 2024

“Salah satu pembahasan kita adalah mengecek kesiapan jajaran, Minggu depan kan sudah memasuki tahap kampanye, Kita berusaha untuk anggota kita, para Kapolres betul-betul menekankan kepada jajarannya terkait poin netralitas,” tegas Irjen Imam.

Pada poin terkait netralitas yang disampaikan Kapolda Jatim, ada 14 poin larangan dan 3 himbauan, yang betul-betul diharapkan oleh Kapolda Jatim agar dipahami oleh anggota dilapangan.

“Kadang-kadang anggota ini walaupun sudah diberitahu tapi masih ada kendala, makanya kita saling mengontrol, saling mengingatkan, saling mengawasi, mudah-mudahan pelanggaran khususnya internal di Jawa Timur selama kampanye tidak ada,” harapnya.

Baca Juga :  Polsek Siman Laksanakan Pengamanan Ujian Kenaikan Tingkat IKSPI Ranting Siman

Lebih lanjut, Irjen Pol Imam Sugianto juga mengimbau kepada jajarannya agar tidak menggunakan kendaraan dinas Polri untuk pendistribusian logistik saat pemilu.

“KPU sudah dialokasikan anggaran untuk distribusi, jadi sekalipun kondisi mendesak, kendaraan dinas Polri tidak boleh dipakai untuk mendistribusikan logistik,” ucapnya.

Kapolda Jatim juga mengaskan akan memberikan sangsi tegas bagi anggota yang nekat melakukan pelanggaran terkait Pemilu nanti.

“Ada tahapannya, hukuman disiplin, kode etik. Propam kemudian akan membuat langkah tindakan pemeriksaan, ini lah yang nanti di ukur tahapan pelanggarannya,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kanal Jawa Timur

Polsek Sukorejo Serap Aspirasi Dengan Cangkrukan Kamtibmas

Kanal Jawa Timur

Kapolsek Sukorejo Bersama Bhayangkari Berbagi Takjil

Kanal Jawa Timur

Polsek Sukorejo Berikan Materi Bullying Kepada Siswa Siswi SDN 1 Gegeran

Kanal Jawa Timur

Pastikan Keamanan Logistik Pemilu, Kapolres Mojokerto Kota Cek Gudang PPK

Kanal Jawa Timur

Kunjungi ke Polsek Sawoo, Kapolres Ponorogo Sampaikan Untuk Selalu Jaga Netralitas

Kanal Jawa Timur

Hari Juang TNI AD ke 78 dan HUT ke 75 Kodam V/Brawijaya 2023, Kodim 0802/Ponorogo Gelar Baksos dan Karbak

Kanal Jawa Timur

Ketua MUI KH Anwar Iskandar : Pemilu 2024 Sudah Berjalan Dengan Baik

Kanal Jawa Timur

Apresiasi Ulama untuk Polres Probolinggo Gelar Dzikir dan Sholawat Demi Pemilu 2024 Damai