Home / Birokrasi

Selasa, 26 Maret 2024 - 16:54 WIB - Editor : redaksi

Bappeda Litbang Magetan Gagas Pemetaaan Karbon

KANALPONOROGO.COM: Bappeda Litbang Pemkab Magetan melakukan terobosan gagasan dalam bidang kesehatan lingkungan hidup. Adalah program Identifikasi Dan Pemetaan Karbon di wilayah kabupaten Magetan. Hal ini diutarakan Kepala Bappeda Litbang Magetan, Elmi Kurnianto, Senin, 25/3/2024.

” Kami Bappeda memang menggagas program Identifikasi Dan Pemetaan Karbon. Artinya, kita akan identifikasi wilayah mana yang penghasil dan penghabis karbon di kabupaten Magetan, ” terangnya.

Seperti diketahui, isu lingkungan hidup sudah menjadi isu internasional. Banyak negara negara maju yang menghasilkan Co atau pencemaran udara. Sedangkan negara tropis seperti Indonesia ini adalah negara penghasil O2 untuk menyerap Co.

Baca Juga :  Ke Jakarta, Ratusan PPDI Ponorogo Tagih Pengangkatan PNS

“Kalau di Magetan seperti Hutan Bambu, ini kan menghasilkan O2. Dan itu bisa dihitung per ton, per hari dan per tahunnya secara ilmiah,” lanjut Elmi Kurnianto.

Kedepannya, program karbon ini bisa menjadi sumber PAD. Sebabnya, negara negara penghasil Co bisa mendapatkan O2. Nah, ini kan ada proses dan biayanya. Maka harus memberikan kompensasi, harus bayar itu. Termasuk ke kabupaten Magetan sebagai penghasil O2, jelasnya.

Meski Magetan bukan daerah industri, tetapi juga ada hal hal yang menimbulkan polusi. Seperti limbah peternakan/kotoran ternak, industri pengolahan kulit, pabrik gula dan pengolahan air minum.

Baca Juga :  PAW Sukirno, KPU Masih Menunggu

Maka yang bisa di lakukan saat ini adalah penghijauan di tepi jalan, disejumlah tempat lainnya dan pembuatan hutan seperti hutan bambu itu.

” Inilah visi kami Bappeda untuk Magetan kedepannya seperti apa. Sekarang masih dalam kajian tim Bappeda. Kami tidak hanya menunggu, tetapi harus berinovasi untuk kemajuan Magetan. Dan insha allah ini Magetan yang pertama, daerah lain belum ada,” ungkapnya. (arif)

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Polres Gelar Perkara Kasus Korupsi RSUD dr Hardjono

Birokrasi

Kekurangan Ratusan Kepala Sekolah, Bupati Ipong Akan Konsutasi ke KemenPAN RB

Birokrasi

Polsek Jenangan Berikan Penyuluhan Materi Bullying Kepada Santri Ponpes Darut Taqwa Di Desa Pintu

Birokrasi

Bupati Ipong Siap Lindungi Anak Buahnya

Birokrasi

Bupati Ipong : Pemkab Ponorogo Tak Beri Bantuan Hukum Pejabat Yang Terlibat Kasus RSUD

Birokrasi

Sekwan : LPP APBD Ngawi 2015 ‘Clear’ Sebelum Lebaran

Birokrasi

Kakanwil Kemenkumham Jatim Resmikan Kanim Kelas III Ponorogo

Birokrasi

17 Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Ikuti Gladi Bersih Pelantikan di Grahadi