Home / Birokrasi

Selasa, 26 Maret 2024 - 16:54 WIB - Editor : redaksi

Bappeda Litbang Magetan Gagas Pemetaaan Karbon

KANALPONOROGO.COM: Bappeda Litbang Pemkab Magetan melakukan terobosan gagasan dalam bidang kesehatan lingkungan hidup. Adalah program Identifikasi Dan Pemetaan Karbon di wilayah kabupaten Magetan. Hal ini diutarakan Kepala Bappeda Litbang Magetan, Elmi Kurnianto, Senin, 25/3/2024.

” Kami Bappeda memang menggagas program Identifikasi Dan Pemetaan Karbon. Artinya, kita akan identifikasi wilayah mana yang penghasil dan penghabis karbon di kabupaten Magetan, ” terangnya.

Seperti diketahui, isu lingkungan hidup sudah menjadi isu internasional. Banyak negara negara maju yang menghasilkan Co atau pencemaran udara. Sedangkan negara tropis seperti Indonesia ini adalah negara penghasil O2 untuk menyerap Co.

Baca Juga :  Tumbur Bak Truk, Warga Sukorejo Dilarikan ke Rumah Sakit

“Kalau di Magetan seperti Hutan Bambu, ini kan menghasilkan O2. Dan itu bisa dihitung per ton, per hari dan per tahunnya secara ilmiah,” lanjut Elmi Kurnianto.

Kedepannya, program karbon ini bisa menjadi sumber PAD. Sebabnya, negara negara penghasil Co bisa mendapatkan O2. Nah, ini kan ada proses dan biayanya. Maka harus memberikan kompensasi, harus bayar itu. Termasuk ke kabupaten Magetan sebagai penghasil O2, jelasnya.

Meski Magetan bukan daerah industri, tetapi juga ada hal hal yang menimbulkan polusi. Seperti limbah peternakan/kotoran ternak, industri pengolahan kulit, pabrik gula dan pengolahan air minum.

Baca Juga :  Penyidik Polres Ponorogo Periksa Empat Tersangka Dugaan Kasus Korupsi RSU dr Hardjono

Maka yang bisa di lakukan saat ini adalah penghijauan di tepi jalan, disejumlah tempat lainnya dan pembuatan hutan seperti hutan bambu itu.

” Inilah visi kami Bappeda untuk Magetan kedepannya seperti apa. Sekarang masih dalam kajian tim Bappeda. Kami tidak hanya menunggu, tetapi harus berinovasi untuk kemajuan Magetan. Dan insha allah ini Magetan yang pertama, daerah lain belum ada,” ungkapnya. (arif)

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Polsek Ngrayun Melaksanakan Razia Pelajar Yang Bolos Saat Jam Sekolah

Birokrasi

PAW Sukirno, KPU Masih Menunggu

Birokrasi

Choirul Tanjung Akan Investasi Di Kota Madiun

Birokrasi

Menok Kirim Surat Keberatan ke DPD PG Jatim

Birokrasi

Intensif Minim, GTT/PTT lapor Ombudsman

Birokrasi

Panwaslukab Ponorogo Lantik Anggota Panwascam

Birokrasi

Sirmaji Berharap Para Kades Bisa Tunggu Revisi PP

Birokrasi

Amankan Tasyakuran Rakyat, Polres Siapkan 500 Personil Gabungan