Home / Kanal Jawa Timur

Selasa, 26 Maret 2024 - 16:57 WIB - Editor : redaksi

Jelang Idul Fitri, BI Kediri Siapkan Rp4,8 Triliun

KANALPONOROGO.COM: Sebagai wujud komitmen Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kediri untuk memenuhi ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat, KPwBI Kediri mempersiapkan uang layak edar (ULE) untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang Rupiah pada momen Ramadan dan Idulfitri 2024 mencapai Rp4,8 triliun.

Jumlah ULE yang disediakan ini meningkat 7% dibandingkan realisasi tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp4,5 triliun. Antisipasi kenaikan jumlah ULE yang disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Untuk mendukung layanan penukaran uang Rupiah bagi masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indoensia Kediri bersama perbankan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah dengan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang Rupiah di seluruh wilayah kerja. Selain itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Baca Juga :  Sukses Gelar Operasi Lilin Semeru 2023, Polresta Sidoarjo Raih Penghargaan dari Kapolda Jatim

Kegiatan ini dilakukan melalui penyelenggaraan kas keliling, penukaran terpadu bersama perbankan, dan penukaran melalui kantor cabang bank umum. Masyarakat dapat melakukan penukaran melalui layanan kas keliling terpadu penukaran bersama perbankan di GOR Jayabaya Kota Kediri tanggal 25 Maret 2024. Selanjutnya mulai 1 s.d. 5 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 68 titik layanan kantor cabang bank umum yang tersebar di seluruh wilayah kerja KPw BI Kediri.

Warga juga antusias untuk menukarkan uang pecahan baru, dengan memadati stand-stand bank yang ditunjuk, untuk melayani masyarakat menukarkan uang baru. Tidak hanya dari Kediri saja, tetapi dari Kota-kota di sekitar Kediri juga ikut untuk menukarkan uang pecahan baru.

“Tadi kami menukarkan uang sebanyak 3 juta rupiah dengan pecahan uang baru. Dan rencana nanti akan digunakan untuk sanak-saudara yang berkunjung saat lebaran nanti,” Kata Prastiwi, warga.

Baca Juga :  Jaga Harkamtibmas Polsek Sampung Melaksanakan Pengamanan Kebaktian Di Gereja Pantekosta

Sementara Kepala perwakilan Bang Indonesia Kedua Moch Choirur Rofik mengatakan, dalam menghadapi lebaran ini, pihaknya menyediakan 4,8 triliun uang pecahan baru, dan meningkat 7 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Karena  perekonomian warga juga semakin meningkat.

“Pihak Bank Indonesia menyediakan 4,8 triliunan uang pecahan baru. Dan ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Dan untuk penukaran uang baru kita batasi, yakni masing-masing orang maksimal 4 juta. ” Jelas Moch Choirur Rofik, kepala perwakilan BI Kediri.

Sementara itu, mulai tanggal 1 s.d. 4 April 2024 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di kawasan SLG tanggal 1 April 2024 dan rest area jalan tol 626 A tanggal 2 s.d. 4 April 2024.

Share :

Baca Juga

Kanal Jawa Timur

Polres Pacitan Berhasil Ungkap Misteri Meninggalnya Remaja Usai Minum Kopi

Kanal Jawa Timur

Polres Sumenep Terjunkan 223 Personel Pengamanan Laga Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim

Kanal Jawa Timur

Polisi Berhasil Amankan Terduga Pengedar Narkoba Jenis Sabu di Banyuwangi

Kanal Jawa Timur

Jelang Ramadhan Satgas Pangan Polres Lamongan Sidak Pasar Pastikan Ketersediaan dan Harga Beras

Kanal Jawa Timur

Polsek Ponorogo Melaksanakan Pengamanan Pelantikan Pengurus PC PMII Ponorogo Periode 2023- 2024

Kanal Jawa Timur

Dandim 0802/Ponorogo dan Forkopimda Ikuti Acara Komsos Bersama Aster Kasad

Kanal Jawa Timur

Lakukan Pengamanan, Polisi Pastikan Penyaluran PKH Berjalan Lancar.

Kanal Jawa Timur

Sinergitas Polres Ngawi bersama TNI Kawal Distribusi Logistik Pemilu Sebrangi Waduk