Home / Headline

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:44 WIB - Editor : redaksi

Bedol Deso, Kades bersama 7 Perangkat Desa Sawoo Jadi Tersangka Pungli Penyegelan Tanah

KOTA, KANLPONOROGO.COM:  Kejari Ponorogo menetapkan Kades bersama 7 perangkat desa Sawoo sebagai tersangka dalam kasus pungutan liar (Pungli) proses penyegelan atau periwayatan tanah.

Para perangkat desa tersebut yaitu SAR yang merupakan kepala desa(Kades); JS, FS, MJN, JMR dan PWD, kelimanya mejabat kepala dusun; Sekretaris Desa Sawoo SJD dan SYT yang juga menjabat sebagai Kasun.

Dua orang perangkat yaitu SJD dan SYT telah ditetapkan sebagai terdakwa dan sudah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya. Kades Sawoo SAR ditetapkan sebagai tersangka ketiga, menyusul lima Kasun yang ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga :  Sekota Kediri, Perintahkan SP II Penggusuran Buat Warga Rw 5

“Hari ini penyidik telah menaikan status 5 orang perangkat desa dari saksi ke tersangka terkait dugaan kasus pungli proses penyegelan tanah. Jadi hingga sekarang yang telah ditetapkan sebagai tersangka total ada 8 orang, dua diantaranya telah menjalani persidangan di Pengdailan Negeri Tipikor Surabaya,” ucap Kasi Intel Kejari Ponorogo Agung Riyadi kepada kanalponorogo.com saat ditemui di kantornya, Senin(27/05/2024).

Karena dianggap kooperatif,  lima orang perangkat desa yang telah ditetapkan sebagai tersangk a tidak ditahan.

Sedangkan tersangka ketiga yaitu SAR yang merupakan Kades Sawoo tidak dilakukan penahanan dan belum menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

Baca Juga :  Diduga Jual Pupuk Bersubsidi Ilegal, Warga Sukorejo Diamankan

Kepada para tersangka dan terdakwa dijerat secaraPrimair Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Subsidair Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP

Share :

Baca Juga

Headline

KBO Satlantas Polres Ponorogo didampingi Kanit Turjawali Amankan 26 Unit Motor yang di duga akan lakukan balap liar

Headline

“PEDULI”BHAYANGKARI CABANG PONOROGO BERI DUKUNGAN SATGAS COVID-19

Headline

Gandeng Media Gelar Dialog Interaktif Polres Sumenep Siap Amankan Pemilu 2024

Headline

Polres Batu Terjunkan Ratusan Personel Amankan Rakernas PSHT

Headline

Pengamanan Bantuan Sosial di 18 Desa oleh Polsek Sukorejo

Headline

Penanaman Pohon Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Perhutani ke 60 Tahun 2021

Headline

Picu Kinerja Pelayanan Publik Terbaik, 16 Personel Dapat Reward dari Kapolres Jember

Headline

Tempat Wisata di Jatim Sudah Mulai Dibuka Secara Terbatas dan Bertahap