Home / News / Pilkada / Politik

Jumat, 19 Juni 2015 - 21:18 WIB - Editor : redaksi

KPU Temukan Dukungan Ganda Balon Independen

KANALPONOROGO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo temukan ribuan dukungan ganda saat melakukan analisis kegandaan pada fotokopi KTP syarat dukungan dari pasangan bacabup dan bacawabup independent Misranto-Isnen Supriyono.

“Dari yang diserahkan itu, ada lebih dari 1.000 fotokopi KTP yang ganda. Ada yang satu KTP untuk orang yang sama difotokopi jadi dua, atau jadi lima. Tapi itu akhirnya dihitung sebagai satu dukungan saja, bukan dua atau lebih,” ungkap Ikhwanudin.

Terkait penyebab kegandaan, dalam klarifikasi KPU terhadap tim sukses Misranto-Isnen diketahui salah satunya adalah permintaan dukungan yang dilakukan oleh lebih dari satu kader di desa yang sama. Hal ini terjadi di beberapa desa saja.

Karena telah memenuhi jumlah minimal dukungan dan bisa melewati analisis kegandaan, maka berkas dukungan tersebut selanjutnya didistribusikan ke petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau petugas coblosan tingkat desa untuk dicocokkan dengan kondisi sebenarnya di masing-masing desa.

Baca Juga :  Empat Paslon Dinyatakan Memenuhi Syarat (MS)

“Jumlah (dukungan) minimal setelah dikurangi yang ganda tetap masih memenuhi syarat. Sebaran pendukung juga terpenuhi yaitu lebih dari 11 kecamatan. Seperti itu yang dituangkan dalam berita acara, Kamis (18/6) kemarin sehingga bisa ke tahap berikutnya, verifikasi faktual. Mulai pekan depan baru akan dilakukan pencocokan oleh PPS, benar atau tidak orang yang di KTP itu ada,” ujar Ikhwanudin.

Salah satu anggota tim sukses pasangan Misranto-Isnen, Mustaqim Aziz membenarkan adanya dukungan ganda dalam berkas yang diserahkan pasangan ini pada Senin lalu.

Menurutnya, hal ini adalah kesalahan manusiawi karena tidak dipungkiri ada saja kader atau simpatisan yang menyerahkan dukungan lebih banyak dari yang diminta.

Baca Juga :  Sapa pendengar Radio, Kasat Sabhara tegaskan Siap Amankan Pilkada Serentak 2020 di Ponorogo!

“Itu bukti bahwa warga sangat antusias mendukung pasangan ini. Kalau kemudian ada yang ganda karena semata-mata kader dan simpatisan kami bekerja sangat keras,” Aziz.

Dikatakan Aziz, bisa jadi kegandaan itu terjadi karena ada kader yang sudah meminta ke salah satu warga tapi kemudian warga tersebut dimintai fotokopi KTP dukungan oleh kader yang lain lagi.

“Kan terjadi di beberapa daerah saja. Itu bukan sengaja, itusaking inginnya mengusung calon yang baru, bukan yang sudah ada. Dan hasilnya, jumlah dukungan masih memenuhi syarat. Yaitu 73.598 dukungan, itu sudah dikurangi kegandaan. Nah, untuk perbaikan nanti, sudah ada 40 ribu dukungan yang siap diserahkan,” ujarnya.(K-2)

Share :

Baca Juga

News

Puluhan Hektar Lahan Pertanian Dinyatakan Puso

News

Inilah Nama-Nama Korban Laka Tunggal Siman

Peristiwa

Polisi Temukan Truk Yang Terlibat Tabrak Lari di Jalan Raya Ponorogo-Magetan

News

Empat Pengunjung Pantai Klayar Terseret Ombak

News

Ipong-Sujarno Serahkan Berkas Perbaikan di Hari Pertama

Peristiwa

Pasar Induk Songgolangit Ponorogo Terbakar

Hukrim

Kasus DAK, Kejari Ponorogo Siap Tindak Lanjuti Keterlibatan AS

Hukrim

Polres Ponorogo Tangkap Pengedar Sabu