Home / News / Pilkada

Rabu, 2 September 2015 - 04:43 WIB - Editor : redaksi

Paslon ‘Nyelonong’ di Kegiatan Warga

KANALPONOROGO-Untuk bisa menang dalam Pemilukada 9 Desember mendatang, para pasangan calon bupati dan wakil bupati Pilkada Ponorogo mulai menghalalkan segara cara. Diantaranya dengan menghadiri kegiatan warga dengan bertindak sebagai tamu kehormatan.

Kabar kehadiran Paslon dalam kegiatan warga yang bukan pada jadwal kampanye tersebut sempat masuk ke salah satu anggota Tim Pemantau Independen Pilkada Ponorogo 2015 Diono Suwito.

BACA JUGA : ULP Gagal lelang APK PilkadaPilkada Ponorogo, KPU Gelar Kampanye Damai

Disebutkan Diono, dari monitoring tim ini, setidaknya ada tiga kejadian yang menjadi catatan merah bagi para paslon tersebut. Yang pertama adalah penyusupan mobil bergambar paslon salah satu pasangan calon saat pawai mobil hias yang diselanggarakan Pemkab Ponorogo Jumat (28/8) lalu. Apalagi, paslon tersebut sedang tidak memiliki jadwal kampanye.

Baca Juga :  Hendak Menikah Dengan Warga Indonesia, Warga Negara Taiwan Lapor Polsekta Ponorogo

Dua kejadian lain dilakukan oleh paslon lain di kegiatan bersih desa. Tanpa merinci waktu dan tempat kejadian, Diono menyatakan kedua paslon sempat duduk di kursi undangan dan sempat naik panggung di acara tersebut. Kemungkinan, kata Diono, mereka akan melakukan pidato sosialisasi visi dan misi.

“Informasi dari warga sangat meyakinkan menyatakan, ada paslon yang patut diduga melanggar jadwal kampanye. Mereka juga mencoba nyelonong di acara warga. Namun warga ternyata sudah kritis. Mereka tidak mau acara dirusak oleh kampanye terselubung sehingga warga menolak calon naik panggung. Bahkan ada cawabup yang dilempar gelas plastik air mineral,” ujar Diono.

Atas kejadian ini, Diono menyatakan dirinya sudah melakukan koordinasi dengan KPU Ponorogo. Sebab, ia menengarai penolakan warga cukup mendasar. Yaitu paslon tidak sedang pada jadwal kampanye dan diduga kuat tidak mengantongi izin kampanye di lokasi kegiatan warga tersebut.

Baca Juga :  VIDEO-Kang Giri Buka Kejuaraan Bulu Tangkis Bupati Cup

“Ke Panwaskab masih kami jadwalkan untuk bisa bertemu sambil merinci kejadiannya. Yang jelas ini pelanggaran kampanye juga,” ungkap Diono.

Ketua Panwaskab Ponorogo Wasijan, saat dikonfirmasi menyatakan, sampai habis putaran pertama kampanye Senin (31/8) lalu, ia belum menerima laporan adanya pelanggaran kampanye. Ia dan timnya hingga ke Panwascam juga belum menemukan adanya kejanggalan maupun penyalahgunaan lokasi atau acara pemerintah oleh pasangan calon.

“Belum ada. Yang pawai itu juga kita tidak menemui. Kalau ada pasti laporannya sudah masuk. Kalau warga memang mengetahui, kami harap segera lapor ke kami saja lah,” ucapnya singkat.(K-2)

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Perbup Belum Terbit, Desa Ngutang Untuk Operasional

Headline

Hindari Dua Motor, Truk LPG Terguling di Jalan Raya Mlirip Rowo Sidoarjo

Headline

Satgas Penanganan PMK Nasional Ingatkan Sulbar Agar Tidak Lengah

News

Warga Ngrandu Temukan Ratusan Keping Uang Logam Kuno

News

Panwas Akan Panggil Paslon dan Media Terlapor

Militer

Babinsa dan Kades Sooko Terima Arahan Ketua Tim Wasev TMMD ke 106

News

Warga Jalan Imam Bonjol Tewas Tertimpa Tembok

Militer

Windarti dan Sujinem Merasa Puas Dengan Hasil TMMD ke 106