Home / Hukrim / News

Kamis, 8 Oktober 2015 - 15:04 WIB - Editor : redaksi

Kasus DAK, Berkas YP Masuki Tahap Dua

KANALPONOROGO-Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo melimpahkan tersangka dan berkas perkara kasus korupsi Dana Alokasi Khusus( DAK) 2012 dan 2013 Yusuf Pribadi kepada jaksa penuntut umum, Kamis (8/10).

“Hari ini kita limpahkan tersangka dan barang bukti kasus DAK atas nama Yusuf Pribadi kepada jaksa penuntut umum,”ucap Kasi Pidsus Kejari Ponorogo Happy Alhabibi.

Mantan Plt Sekdakab yang selam ini sudah menjalani penahanan di Rutan kelas IIB Ponorogo datang tanpa didampingi oleh penasehat hukumnya. Hanya sekitar setengah jam Yusuf berada di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo.

Dengan pelimpahan tahap dua ini bisa dinyatakan berkas telah P21 dan status Yusuf Pribadi meningkat dari tersangka ke terdakwa.

Baca Juga :  Vonis Tujuh Terdakwa Kasus DAK Menjadi Dasar Pembuktian Dua Tersangka Lain

Dalam tahap dua ini, penuntut umum memiliki kewenangan untuk melakukan penahanan terhadap terdakwa selama 20 hari.

Disebutkan Heppy, bilamana dalam duapuluh hari jaksa belum bisa menyelesaikan berkas  dakwaan, maka jaksa memiliki berwenang untuk memperpanjang masa penahanan selama tigapulh hari.

“Dalam waktu duapuluh hari inilah kita harus menyusun surat dakwaan untuk kita limpahkan ke pengadilan, kalau ini nanti belum bisa atau belum siap, ini bisa kita perpanjang penahanan selama tiga puluh hari kedepan,”kata Kasi Pidsus Kejari Ponorogo Heppy Alhabibi.

Tentang keinginan terdakwa Yusuf Pribadi yang hendak menyampaikan keterangan terkait aliran dana fee proyek DAK yang diterimanya, Heppy mengatakan jika itu tetap diterima, namun tidak bisa dimasukan dalam BAP yang sudah dijilid tersebut.

Baca Juga :  Sidang Kasus DAK, Terdakwa dari DIndik Minta Dihukum Ringan

Hal itu akan diberikan keterangan tambahan saja atau terdakwa akan diberi kesempatan untuk menyampaikanya dihadapan hakim dalam persidangan yang akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

Diketahui, dalam kasus DAK ini selain Yusuf Pribadi masih ada satu lagi tersangka yang merupakan mantan Wakil Bupati Ponorogo Yuni Widyaningsih yang hingga saat ini justru masih bebas diluar dan justru tampil didepan umum.(wad/kanalponorogo)

Share :

Baca Juga

Hukrim

JPU Kirim Surat Panggilan Kedua Kepada Wabup Ida

Mataraman

Tangkal Radikalisme Dan Anti NKRI Polres Ponorogo Gelar Forum Sillaturahmi Kamtibmas

Mataraman

Polsek Sambit Melaksanakan Pengamanan Sima’an Al Quran dan Dzikrul Ghofilin Legi Di Desa Nglewan

Militer

Kolonel Inf Awal Nur : “TMMD ke 106 Kodim 0802/Ponorogo Benar-Benar Bermanfaat Bagi Masyarakat”

Hukrim

Kabur Dari Panti, Remaja Jambon Ponorogo Nyuri Emas Milik Tetangga

Peristiwa

SAR Gabungan Sisir Sungai Galok, Pencarian Korban

Peristiwa

Inilah Proses Evakuasi Pesawat KONI DKI Yang Mendarat Darurat di Sampung Ponorogo

Headline

Terapkan Instruksi Presiden Nomor 06 Th. 2020, Kapolres Ponorogo Patroli di Obyek Vital Telaga Ngebel