Home / kombis / Nasional / News

Jumat, 4 Desember 2015 - 14:48 WIB - Editor : redaksi

Ciptakan Percepatan Optimalisasi PAT– PIP kedelai 2015

Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto bersama Kadinas Pertanian Harmanto melakukan tanam perdana kedelai di lahan LMDH Desa Sampung, Kecamatan Sampung foto kanal ponorogo

KANALPONOROGO-Kodim 0802 Ponorogo bekerja sama dengan Dinas Pertanian Ponorogo melaksanakan Tanam Bersama TNI AD dalam rangka Percepatan Optimalisasi PAT– PIP kedelai 2015 Kabupaten Ponorogo di lahan LMDH yang berada di Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Kamis(03/12)

Komandan Kodim 0802 Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, mengatakan,”penanaman kedelai dalam rangka percepatan optimalisasi PAT-PIP Kedelai Tahun 2015 tahun ini diharapkan dapat mewujudkan kemandirian penyediaan pangan komoditas kedelai nasional,”ucap Letkol Inf Slamet Sarjianto.

Ditambahkanya, penanaman kedelai dilahan Perhutani ini sebagai upaya menggeser kedelai Impor untuk menuju Kedaulatan pangan nasional, mengingat kebutuhan kedelai di Indonesia saat ini masih di dominasi kedelai impor. Sedangkan kebutuhan masyarakat akan produk kedelai sangat besar.

Baca Juga :  Tingkatkan Ketaqwaan Di Bulan Ramadhan, Anggota Polsek Ponorogo Mengikuti Pembinaan Mental Dan Rohani

Dengan Penanaman kedelai dalam rangka Percepatan Optimalisasi PAT-PIP Kedelai Tahun 2015 ini pula Kabupaten Ponorogo juga diharapkan mampu memberikan ketersediaan pangan bukan hanya untuk  Kabupaten Ponorogo sendiri, tapi juga untuk nasional agar pemerintah tidak lagi banyak mengimpor kedelai lagi.

Salah satu perwakilan kelompok petani, Suparto mengatakan,”Kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah karena pemerintah telah mengupayakan berbagai cara termasuk memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan petani seperti benih dan pupuk,”ucapnya.

Baca Juga :  Lakalantas Beruntun di Sukorejo Ponorogo, Satu Pelajar Meninggal di TKP

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Harmanto kepada kanalponorogo mengatakan,”dengan adanya penanaman kedelai di lahan LMDH pada musim tanan tahun ini diharapkan mampu mewujudkan swasembada kedelai khususnya untuk Ponorogo,”ucapnya.

Ditambahkan Harmanto, untuk tahun ini Ponorogo telah berhasil menghasilkan kedelai sejumlah 17.343 ton dari target 13.500 ton. Pencapaian hingga 121 persen ini menurut Harmanto jauh diatas target secara nasional dan Jatim.

“Musim tanam tahun ini terjadi peningkatan yang mencapai 121%, ini karena adanya bantuan pemerintah untuk sarana dan prasarana, yang dirupakan dalam bentuk pupuk dan obat-obatan pestisida,”urainya.(wad/kanalponorogo)

 

Share :

Baca Juga

Mataraman

Sinergitas TNI Polri Gelar Patroli Gabungan

News

Sugiri Siap Bertarung Dan Siap Mundur dari DPRD

Peristiwa

Lakalantas Balong, Beat vs Elf Satu Tewas di TKP

News

Korban Laka Cipali Asal Ponorogo Dimakamkan Dalam satu Liang

News

Sepeda Onthel vs Kijang Tewaskan Siswa SDN Biting

Peristiwa

Hari Ketiga, Satu Jenazah Korban Tanah Longsor Banaran Ditemukan

News

Lagi, Hutan Gunung Lawu Terbakar

Militer

Koptu Agus Terima Sesisir Pisang Dari Kateno