Home / Headline

Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:11 WIB - Editor : Redaksi

Kodim 0802/Ponorogo Gelar Upacara Bendera 17 Oktober Tahun 2023

KANALPONOROGO.COM,-Kodim 0802/Ponorogo menggelar Upacara Bendera tanggal 17 Oktober 2023 bertempat di lapangan apel Makodim 0802/Ponorogo, jalan Basuki Rahmat nomor 38 Kota/kabupaten Ponorogo, Selasa (17/10/2023).

Upacara yang diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Kodim 0802/Ponorogo tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, S. Sos. M. Han.

Dalam Upacara Bendera 17 Oktober 2023 kali ini Dandim 0802/Ponorogo selaku Irup membacakan Amanat Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M. M dihadapan peserta Upacara yang isi Amanat diantaranya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan HUT ke 78 TNI tahun 2023 yang digelar secara serentak di selurah jajaran TNI.

Apresiasi dan penghargaan juga diberikan oleh Panglima TNI atas berbagai prestasi yang telah diraih oleh seluruh prajurit dan PNS yang telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras dalam menyukseskan berbagai program atau agenda besar Pemerintah baik itu latihan Asean Solidarity Exercise (ASEX-01N), pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo dan Jakarta serta pengamanan KTT Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau KTT AIS Forum 2023.

Baca Juga :  Dansatgas TMMD ke 121 Tahun 2024 Kodim 0802/Ponorogo Apresiasi Warga Desa Selur

“ TNI telah menunjukkan komitmen yang tak tergoyahkan dalam menjaga kestabilan dan keamanan negara, serta melindungi kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Prestasi ini merupakan bukti dari dedikasi serta pengabdian tinggi, serta warisan berharga untuk masa depan TNI. Hal tersebut juga yang menjadikan TNI sebagai salah satu institusi negara yang paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia, “ kata Dandim 0802/Ponorogo membaca Amanat Panglima TNI.

Selanjutnya terkait dengan agenda besar Pemerintah yaitu Pemilu tahun 2024, Panglima TNI menghimbau dan menekankan kepada seluruh prajurit agar peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi yang terjadi serta tetap menjunjung tinggi Netralitas TNI. “ Netralitas TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar. “

“ TNI harus netral, karena TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. Sebagai salah satu pilar utama dalam pertahanan negara, TNI memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjamin tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sejuk, “ tegas Panglima TNI melalui Amanat.
.
Diakhir Amanat, Panglima TNI menyampaikan lima poin penting untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari – hari bagi seluruh prajurit dan PNS TNI yang intinya yaitu : Selalu meningkatkan Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI.

Baca Juga :  Relawan Jokowi Se- Bandung Raya Kumpul, Konsisten Mendukung Dan Mengawal Jokowi Hingga 2024

Selanjutnya TNI harus netral dan mengikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan Pemilu; terus jaga soliditas dan kekompakan dalam menghadapi berbagai tantangan tugas, tingkatkan transparansi serta akuntabilitas secara internal maupun eksternal.

TNI harus terus meningkatkan profesionalisme dan jaga sinergitas dengan semua elemen; serta TNI harus senantiasa menjaga nama baik dimanapun berada dan bertugas, tegakkan aturan dan sanksi yang tegas serta berikan penghargaan bagi anggota TNI yang berprestasi.(MdC0802)

Share :

Baca Juga

Headline

Polres Sumenep Berhasil Amankan Terduga Pelaku Pembuang Bayi di Desa Pabian

Headline

Road Show Polres Magetan Cegah Tangkal Penyalahgunaan Narkoba

Headline

Panglima TNI Apresiasi Kolaborasi Tim Nakes, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Saat Kunjungan di Jatim

Headline

Gotong Royong 3 Pilar Perbaiki rumah Warga

Headline

Panglima TNI dan Kapolri Semangati Warga Semarang yang Jalani Isolasi Mandiri

Headline

Polres Ponorogo Libatkan Pamter PSHT Dan Korlap PSHWTM Ikuti Apel Gelar Damai, Amankan Suroan dan Suran Agung.

Headline

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional Menjelang HUT ke-76 RI, Polres Ponorogo Borong dan Distribusikan Bendera Merah Putih

Headline

Peringati HUT Bhayangkara Ke 78, Kapolsek,Bersama Ketua Ranting Bayangkari Berikan Sembako